PUPR Renovasi Taman Mini dengan Anggaran Rp1,1 T

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 13:14 WIB
Kementerian PUPR merenovasi Taman Mini Indonesia Indah dengan anggaran Rp1,14 triliun. Renovasi merupakan perintah Jokowi. Kementerian PUPR merenovasi Taman Mini Indonesia Indah dengan anggaran Rp1,14 triliun. Renovasi merupakan perintah Jokowi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah akan merenovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan total anggaran yang sudah dialokasikan pemerintah untuk renovasi itu mencapai Rp1,14 Triliun.

Ia mengatakan renovasi merupakan bagian dari penugasan khusus yang diberikan Presiden Jokowi sebagaimana diatur dalam Perpres No 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Unit Penyelenggara Acara Internasional di Provinsi Bali, DKI Jakarta, NTB dan NTT.

"Renovasi taman mini sebesar Rp1,1 triliun," kata Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V dengan Menteri PUPRI RI Selasa (25/1).

Basuki mengatakan anggaran renovasi sebesar itu akan digunakan untuk beberapa peruntukan. Pertama, memperbaiki jalan kawasan Taman Mini dan gerbang utama.

Kedua, memperbaiki empat joglo TMII (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno. Ketiga, untuk merenovasi dan merevitalisasi lanskap pulau-pulau danau archipelago.

Keempat, membangun struktur parkir (elevated). Keenam, untuk merenovasi museum yang ada di TMII, yang mencakup Museum Theater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas.

Sebagai informasi, sejumlah museum di TMII dalam kondisi terbengkalai sejak diambil alih pemerintah beberapa waktu lalu. 

[Gambas:Video CNN]

Rumput ilalang tinggi mengelilingi hampir seluruh kawasan Museum Telekomunikasi yang berada di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Kondisi bangunan itu tampak sudah rusak dan tidak terawat.

Bagian atap yang berbentuk bulat sebagai ciri khas Museum Telekomunikasi sudah jebol di beberapa sisi. Warna tembok museum pun sudah kusam dan compang camping di sana sini. Terlihat pula coretan tangan-tangan jahil menghiasi dinding bangunan museum tersebut.

Padahal, Museum Telekomunikasi saat masa jayanya dikenal sebagai sumber informasi mengenai perkembangan pertelekomunikasian di Indonesia. Atap berbentuk bulat berwarna biru kala itu menjadi ciri khas gagahnya museum itu dahulu. Namun, semua itu kini tengah memudar.

Tak hanya Museum Telekomunikasi, beberapa museum dan wahana diTMII juga tampak terbengkalai. 

Pantauan CNNIndonesia.com di TMII beberapa waktu lalu, museum yang lain yang ikut tak terurus antara lain Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra, hingga Wahana Air SnowBay.

Wahana Air Snow Bay misalnya. Kolam renang tersohor di Jakarta itu kini tutup dan terbengkalai. Memasuki bagian dalam, masih terdapat genangan air di area kolam renang yang begitu keruh. Dinding dan lantai kolam renang juga terlihat kusam nan berlumut.

Pelbagai sarana prasarana seperti kursi, loker hingga perosotan di kolam renang tampak berantakan dan terlihat karatan. Daun-daun kering dan rumput liar berserakan di seluruh wahana itu. Tak terlihat pula petugas yang berjaga di wahana tersebut.

(tdh/agt)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER