ROAD TO G20

Sandiaga: TWG G20 Fokus Dorong Ketahanan Parekraf

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Selasa, 15 Feb 2022 12:16 WIB
Menparekraf Sandiaga mengungkapkan Tourism Working Group G20 2022 akan fokus pada upaya mendorong ketahanan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menparekraf Sandiaga mengungkapkan Tourism Working Group G20 2022 akan fokus pada upaya mendorong ketahanan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (Dok. Kemenparekraf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan Tourism Working Group (TWG) G20 yang berlangsung di Indonesia tahun ini fokus untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dengan mempromosikan ketahanan pariwisata.

Menurut Sandiaga, kelompok kerja yang tersusun telah mengidentifikasi isu utama, yaitu penguatan masyarakat sebagai agen perubahan untuk transformasi pariwisata.

"WG (working group) ini akan memfokuskan memberdayakan masyarakat melalui pengembangan lebih lanjut untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan pariwisata berbasis komunitas seperti desa wisata, desa kreatif dan program-program yang berkeadilan," ujarnya dalam Kick Off Meeting TWG G20 pada Senin (14/2), seperti dikutip Antara.

Sandiaga berharap Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization) dan setiap menteri pariwisata dari berbagai negara yang terlibat dalam G20 menyepakati pedoman penguatan komunitas dan UMKM sebagai agen transformasi pemulihan pariwisata yang berpusat kepada masyarakat.

Kegiatan grup ini dinilai merupakan kerja sama yang baik untuk menyinergikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan kementerian/lembaga lainnya untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

"Kita harus menjadi consensus builder sehingga ide atau outcome documents yang dapat diterima dari seluruh anggota G20 nantinya harus merujuk pada tiga pilar arahan Presiden (Joko Widodo), yakni kesehatan yang inklusif, transformasi digital, dan transmisi energi," ujarnya.

Melalui TWG, Sandiaga berharap pemangku kepentingan saling berlomba menggelar berbagai perhelatan yang mendukung G20 dan memberikan dukungan aktif untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

"Tahun 2022 ini akan menjadi annus mirabilis atau tahun yang menakjubkan dan penuh harapan bagi dunia, utamanya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," terangnya.

Pandemi covid-19, sambung Sandiaga, menciptakan tantangan bagi sektor pariwisata sehingga jumlah wisatawan mancanegara secara global pada 2020 mengalami penurunan sebesar 1 miliar atau sekitar 74 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Begitu pula dampaknya di tingkat nasional yang mengancam mata pencaharian 34 juta penduduk yang menggantungkan hidup di sektor parekraf.

Dalam hal ini, pihaknya mengedepankan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam menyikapi pergeseran tren yang berfokus kepada pariwisata berkualitas dengan konsep customize, localize, personalize, dan smaller in size.

Saat ini, lanjut dia, sektor parekraf juga mengutamakan pengembangan pariwisata berkelanjutan berbasis memori dan pengalaman maupun prinsip-prinsip ekowisata dengan carbon calculator (jejak karbon) maupun carbon offset (mengimbangi karbon) yang harus dikembangkan.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendukung pengembangan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Sebagai informasi, penetapan Indonesia sebagai presidensi G20 menghadirkan pembahasan dalam dua jalur pertemuan, salah satunya Jalur Sherpa (Sherpa Track) yang membahas isu ekonomi non-keuangan, termasuk pariwisata.

Adapun, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 rencananya digelar pada 30 Oktober-31 Oktober 2022 di Bali.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER