ROAD TO G20

RI Bahas Teknologi dan Pendanaan dalam Sidang Transisi Energi G20

aud | CNN Indonesia
Senin, 14 Mar 2022 13:03 WIB
Kementerian ESDM mengatakan tiga topik utama dalam sidang kelompok kerja bidang transisi energi G20 adalah akses, teknologi, dan pendanaan. Kementerian ESDM mengatakan tiga topik utama dalam sidang kelompok kerja bidang transisi energi G20 adalah akses, teknologi, dan pendanaan. (Antara Foto/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian ESDM mengatakan terdapat tiga topik utama dalam sidang kelompok kerja bidang transisi energi atau energy transition working group (ETWG) dalam forum Presidensi G20. Tiga isu yang dimaksud adalah akses, teknologi, dan pendanaan.

"Presidensi ini menjadi sangat penting bagi Indonesia sebagai warga global yang mempunyai peran penting mendukung energi bersih dan iklim dunia," ungkap Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis sekaligus Pimpinan ETWG Yudo Dwinanda Priaadi, dikutip dari Antara, Senin (14/3).

Ia mengatakan pembahasan utama dalam topik energi adalah menciptakan energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, serta modern untuk semua negara.

Lalu, untuk topik teknologi akan dibahas tentang upaya peningkatan dan pemanfaatan teknologi untuk pembangunan industri bersih, integrasi energi baru terbarukan (EBT), serta efisiensi energi.

Untuk topik pendanaan, Indonesia akan mendorong negara-negara maju agar berinvestasi dan membiayai berbagai inovasi untuk mengembangkan EBT. Selain itu, pemerintah juga akan menagih janji negara maju yang akan membantu pendanaan US$100 miliar untuk menangani perubahan iklim.

Selain tiga topik itu, sidang kelompok kerja bidang transisi energi G20 juga akan membahas soal pilar transisi energi dan desain utama Road to Bali Communique.

Sidang kelompok kerja bidang transisi energi ini akan dilaksanakan di Yogyakarta pada 24 Maret-25 Maret 2022 mendatang.

Sementara, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pilar transisi energi G20 akan menghimpun komitmen global yang lebih kuat untuk mencapai energi bersih. Dalam forum itu, Indonesia juga akan mendorong negara-negara maju untuk mewujudkan kebijakan mempercepat pemulihan ekonomi global secara inklusif.

Ia berharap forum transisi energi dapat memberikan hasil persidangan G20 yang lebih konkret untuk memperkuat sistem energi global yang berkelanjutan.

[Gambas:Video CNN]

(aud/agt)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER