EDUKASI KEUANGAN

Kiat Jadi Crazy Rich dengan Cara yang Halal

CNN Indonesia
Sabtu, 19 Mar 2022 09:00 WIB
Perencana keuangan menyebut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendulang kekayaan dan jadi crazy rich. Berikut rinciannya. Perencana keuangan menyebut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendulang kekayaan dan jadi crazy rich. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Crazy Rich, mungkin jadi kata yang sudah populer di telinga masyarakat Indonesia saat ini. Di tengah hiruk pikuk pandemi, sebagian orang masih bisa memamerkan dan menghambur-hamburkan kekayaan yang diperoleh dengan cara mudah lewat media sosial.

Begitulah istilah crazy rich mulai dikenal oleh masyarakat kebanyakan dewasa ini. Jika ditarik ke belakang, istilah tersebut memang awalnya populer sejak tayangnya sebuah film berjudul 'Crazy Rich Asians' pada 2018 lalu.

Tak hanya satu atau dua orang, kini istilah crazy rich disematkan kepada banyak orang yang sering memamerkan kekayaannya lewat sosial media, mulai dari Ahmad Sahroni si 'Crazy Rich Tanjung Priok' hingga Gilang Widya Pramana si 'Crazy Rich Malang'.


Kini yang terkenal, anak muda seperti Indra Kenz yang disebut sebagai 'Crazy Rich Medan' dan Doni Salmanan si 'Crazy Rich Bandung'.

Di usia yang terbilang muda, keduanya kerap kali menunjukkan kekayaannya lewat media sosial seperti Instagram dan YouTube. Namun sayang, kekayaan yang diperoleh berasal dari cara yang tidak tepat.

Saat ini, keduanya justru ditangkap akibat tindakan yang merugikan orang lain dengan menjadi affiliator binary option. Kekayaannya pun ludes seketika diboyong pihak berwenang sebagai barang bukti kejahatan keuangan yang mereka lakukan.

Namun, tidak semua crazy rich seperti itu. 'Banyak jalan menuju Roma'. Anda tentu bisa menjadi crazy rich selanjutnya dengan cara yang tepat.

Lantas, bagaimana cara menjadi crazy rich? Berikut ulasannya.

Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan setidaknya terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendulang kekayaan menjadi seorang crazy rich.

Pertama, mulai berbisnis. Andy menjelaskan berbisnis merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memupuk kekayaan. Pasalnya, bisnis memiliki jenis yang beragam sehingga Anda dapat memilih bisnis apa yang ingin dijalankan sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.

"Bisnis atau usaha banyak macamnya, bisa menjalankan bisnis apa saja tergantung dari peluang pasar yang paling besar di masyarakat itu apa," kata Andy kepada CNNIndonesia.com, Kamis (17/3).

Menurutnya, bisnis yang dijalankan dapat berupa usaha pakaian, makanan, perlengkapan ibadah, aksesoris handphone, keperluan hobi, hingga sembako. Namun, bisnis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

"Kalau bisnis kita sebagai bosnya, waktu juga sangat fleksibel," katanya menjelaskan kelebihan berbisnis.

Meski demikian, bisnis juga memiliki kekurangan seperti merancang pola dan sistem kerja yang ingin dilakukan, hingga membutuhkan modal yang tak sedikit.

Kedua, menjadi seorang marketer. Mungkin ini pilihan yang tidak populer, namun Andy mengatakan cara ini bisa membawa cuan bagi Anda yang serius menekuni profesi ini.

"Bisa juga jadi marketer untuk membantu promosi sebuah produk atau barang tertentu untuk bisa mendapatkan komisi dari sana," ujarnya.

Andy mengatakan promosi barang dapat dengan menjadi agen properti, agen asuransi, hingga agen multi level marketing (MLM).

Ia menjelaskan menjadi seorang marketer memiliki kelebihan yakni bekerja dengan sistem yang sudah ada dan tinggal mengikuti pola yang diinstruksikan. Namun, kekurangannya Anda harus menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, yang mungkin saja ini menjadi pekerjaan melelahkan bagi sebagian orang.

Ketiga, menjadi trader dan tentu bukan binary option. Saat ini banyak sekali opsi untuk menjadi trader mulai dari mata uang asing alias forex, saham, aset kripto, dan sebagainya.

Kelebihan menjadi trader, Anda tidak dibatasi oleh waktu dan bisa memulai aktivitas sebagai trader dengan modal yang lebih minim dibandingkan berbisnis. Namun dengan modal yang minim, keuntungan yang didapatkan tentu tidak sebesar yang Anda bayangkan.

Terlebih, untuk menjadi crazy rich dari trader Anda perlu mempelajari ilmu dan pengetahuan terkait produk yang akan diperjualbelikan agar dapat memberikan keuntungan yang optimal.

"Konsepnya ya high risk high return, kalau ditanya kenapa, ya karena memang spesifikasi produknya seperti itu," katanya.

Tak hanya trader, dengan menjadi seorang investor mungkin bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan bagi Anda.

Kebiasaan Belanja yang Baik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER