ASDP Cabang Bakauheni Siapkan 68 Kapal Antisipasi Lonjakan Pemudik

zai | CNN Indonesia
Rabu, 20 Apr 2022 22:25 WIB
ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung Selatan menyiapkan 68 kapal dan tujuh dermaga untuk musim mudik tahun ini. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung Selatan menyiapkan 68 kapal dan tujuh dermaga untuk musim mudik tahun ini. (Antara/Ardiansyah).
Bandar Lampung, CNN Indonesia --

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Lampung Selatan menyiapkan 68 unit armada kapal untuk mudik Lebaran tahun ini.

General Manager ASDP Cabang Bakauheni Lampung Selatan Suharto mengatakan pihaknya juga menyiapkan tujuh dermaga eksekutif dan reguler, serta 16 loket untuk penumpang hingga kendaraan roda empat.

"Armada kapal penyeberangan yang tersedia, ada 71 unit kapal di lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni. Namun yang siap beroperasi untuk angkutan mudik lebaran, ada 68 unit armada kapal. Sementara untuk tiga kapal lain masih dalam perbaikan," kata Suharto kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/4).

Selain armada kapal, sambung Suharto, pihaknya juga telah menyiapkan tujuh dermaga di Pelabuhan Bakauheni untuk melayani jasa penyeberangan angkutan Lebaran tahun ini.

"Ketujuh dermaga yang siap dioperasikan itu, enam dermaga regular dan satu dermaga eksekutif," ujar Suharto.

Ia mengatakan perusahaan menyiapkan 16 loket untuk penumpang untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. Selain itu, ASDP juga menambah delapan loket portable untuk penumpang serta lima tambahan mesin penjual otomatis atau vending machine.

"Untuk loket kendaraan roda empat, ada delapan loket dan eksisting ada 12 unit. Sementara untuk loket kendaraan roda dua, ada delapan unit dan eksisting satu unit," jelas Suharto.

Kemudian, ASDP juga telah menyiapkan tempat parkir di dalam pelabuhan dan di dermaga untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan. Tempat parkir itu untuk menampung kendaraan yang mudik melalui Pelabuhan Bakauheni.

"Kami akan menampung dan memasukkan kendaran-kendaraan itu, ke kantong parkir yang sudah kami disiapkan. Mengenai kapasitas kantong parkir itu sendiri, bisa menampung 6.000 kendaraan campuran baik roda dua dan roda empat," ucap Suharto.

Selain itu, perusahaan juga menyiapkan posko angkutan lebaran gabungan dan posko kesehatan. Posko tersebut siap dioperasikan mulai tanggal 22 April 2022 (H-10) sampai 10 Mei 2022 (H+7) Lebaran.

"Kami mengingatkan kepada pemudik yang akan melakukan penyeberangan agar melakukan reservasi tiket online secara mandiri di outlet-outlet resmi ASDP," tutur Suharto.

Ia juga mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama melakukan perjalanan mudik. Berdasarkan aturan terbaru, masyarakat yang sudah mendapatkan booster tak perlu melakukan antigen atau PCR.

Namun jika baru vaksin dosis pertama atau kedua, maka masyarakat tetap harus melakukan swab antigen atau PCR sebelum menyeberang lewat Pelabuhan Bakauheni.

[Gambas:Video CNN]

(zai/aud)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER