RI-Kanada Bahas Pemulihan Ekonomi Lewat Sektor Perdagangan

CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 15:11 WIB
Mendag Muhammad Lutfi bertemu Mendag Kanada Mary Ng. Keduanya membahas pemulihan ekonomi di sektor perdagangan. Mendag Muhammad Lutfi bertemu Mendag Kanada Mary Ng. Keduanya membahas pemulihan ekonomi di sektor perdagangan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bertemu dengan Menteri Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional (Minister of Small Business, Export Promotion and International Trade) Kanada Mary Ng.

Lewat keterangan resmi, Senin (23/5), dalam pertemuan di sela-sela Pertemuan Menteri-Menteri Perdagangan APEC (APEC MRT) di Bangkok, Thailand pada 21-22 Mei 2022, Lutfi mengajak Kanada untuk mendorong pemulihan ekonomi di antaranya dengan melakukan 4 hal.

Pertama, digitalisasi yang dijalankan karena ekonomi digital berperan sangat penting untuk menjalankan aksi pemulihan dan mengantisipasi kendala-kendala di masa depan.


Kedua, sektor kesehatan yang harus diperkuat, sehingga dapat menanggulangi krisis yang tidak terduga.

Ketiga, investasi yang memegang prinsip level playing field bagi negara berkembang maupun negara maju.

Keempat, inklusivitas dan keberlanjutan yang harus diwujudkan agar sustainable development goals dapat segera dicapai dan kesejahteraan bersama tahun 2030 dapat diraih.

Selain upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi, Mendag RI dan Kanada juga membahas perkembangan Perundingan Persetujuan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Kanada (ICA-CEPA).

Dalam hal ini, perundingan pertama telah dilakukan pada 14-19 Maret 2022 dan perundingan kedua akan dibahas pada paruh kedua 2022.

Kedua menteri itu juga membahas perkembangan terbaru terkait persiapan Perundingan Persetujuan Perdagangan Bebas antara ASEAN dan Kanada (ACAFTA).

Tim perunding ASEAN dan Kanada telah menyelesaikan dokumen Terms of Reference untuk Komite Perundingan Perdagangan, Rencana Kerja Tahun 2022, dan Struktur Perundingan ACAFTA. Ketiga dokumen tersebut menjadi dokumen yang akan mendasari jalannya perundingan-perundingan ACAFTA mendatang.

Selain itu, dibahas pula strategi APEC untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Lutfi menyampaikan kepada Menteri Ng bahwa Indonesia meyakini prioritas utama yang sudah diambil APEC untuk mendukung UKM, yaitu memastikan akses UKM ke pasar internasional dan rantai nilai global serta pembangunan inklusif untuk membangun digitalisasi.

Adapun nilai perdagangan Indonesia dengan Kanada pada periode Januari-Maret 2022 tercatat sebesar US$942,66 juta atau setara dengan Rp13,8 triliun (asumsi kurs Rp14.648 per dolar AS) pada periode Januari-Maret 2022.

Angka itu meningkat 32,54 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang mencapai US$711,25 juta setara dengan Rp10,41 triliun.

Sementara total perdagangan Indonesia dengan Kanada tercatat sebesar US$3,1 miliar atau Rp45,4 triliun pada 2021.

Produk ekspor unggulan Indonesia ke Kanada adalah karet alam, seragam olahraga, suku cadang motor, ban pneumatik, dan alas kaki. Sementara itu, produk impor unggulan Indonesia dari Kanada adalah gandum, pupuk, pulp kayu, kedelai, dan bijih besi.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER