Jokowi Sentil LKPP: Logika Kita Kadang Nabrak, Batu Diminta SNI

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Selasa, 24 Mei 2022 19:08 WIB
Presiden Jokowi meminta LKPP untuk mempermudah produk-produk lokal masuk dalam e-Katalog. Presiden Jokowi meminta LKPP untuk mempermudah produk-produk lokal masuk dalam e-Katalog. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Tunggul).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak semua produk lokal perlu memiliki standar nasional Indonesia (SNI). Dalam hal ini ia meminta LKPP mempermudah produk-produk lokal masuk dalam e-Katalog.

"Sudah saya sampaikan kepada kepala LKPP jangan ruwet-ruwet seperti dulu lah. Semua produk harus SNI, semua produk harus SNI, yang kecil-kecil mana bisa. Produk-produk lokal mana bisa kalau diminta SNI semuanya," ujar Jokowi dalam acara Evaluasi Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Selasa (24/5).

Menurutnya produk-produk yang wajib memiliki SNI adalah yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan seperti helm dan kabel listrik.

Ia mengaku heran jika produk-produk seperti batu, batu bata dan pasir harus memiliki SNI.

"Logika kita ini kadang nabrak-nabrak. Batu diminta SNI, pasir diminta SNI. Sejak dulu e-Katalog kita hanya 52 ribu yang masuk kebanyakan impor dengan model aggregator, ini yang harus dihindari," imbuh Jokowi.

Saat ini, lanjut Jokowi, produk lokal yang masuk dalam e-Katalog sudah mencapai 340 produk. Ia menargetkan ke depan produk lokal yang masuk dalam e-Katalog bisa mencapai 1 juta produk.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER