Total 100 Ribu Wisatawan Asing Diprediksi Kunjungi Bali pada Mei

CNN Indonesia
Sabtu, 28 Mei 2022 22:04 WIB
Kunjungan wisatawan asing ke Bali meningkat setiap bulan sejak Februari. Sejumlah penumpang pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA881 tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (3/2/2022). Penerbangan dengan rute Narita, Jepang menuju Bali yang mengangkut 12 orang penumpang tersebut menjadi penerbangan komersial rute internasional perdana yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai setelah pintu masuk internasional di bandara tersebut ditutup akibat pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Denpasar, CNN Indonesia --

Kunjungan wisatawan asing (Wisman) ke Pulau Dewata mengalami peningkatan setiap bulan. Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali memprediksi total kunjungan Wisman mencapai 100 ribu pada akhir Mei.

Gunandika, Kasi Pengembangan Pasar Pariwisata dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali, mengatakan untuk saat ini kunjungan wisman yang datang ke Bali melewati Bandara I Gusti Ngurah Rai per tanggal 25 Mei sudah sekitar 80 ribu.

"Kalau prediksi akhir Bulan Mei sekitar 100 ribu dan untuk saat ini sudah 80 ribu sampai tanggal 25 Mei," kata Gunandika saat dihubungi, Sabtu (28/5).

Ia merunut data kunjungan wisman setiap bulannya. Pada Januari lalu lintas nol pengunjung lantaran belum ada penerbangan internasional.

Lalu pada Februari mulai tercatat kunjungan wisman sekitar seribu wisman. Kemudian kunjungan mulai meningkat pada Maret yang totalnya sekitar 14 ribu dan naik tajam pada April menjadi 60 ribu. "

"Trennya terus naik setiap bulan, di Bulan Mei sampai 100 ribu," imbuhnya.

Sementara itu dikatakan kedatangan wisman per hari pada Mei sejumlah 3 ribu hingga 4 ribu. Angka tersebut berubah-ubah tergantung jumlah penumpang di pesawat yang kadang ramai dan sepi.

"Kalau asing tiga ribu sampai empat ribu. Tapi setiap harinya tidak menentu karena pesawat yang mendarat kadang-kadang banyak dan sedikit, tidak sama setiap harinya itu," jelasnya.

Asal Wisman paling banyak datang ke Bali berasal dari Australia dan negara-negara Eropa Barat seperti Inggris dan Jerman. Pihaknya memprediksi kunjungan Wisman setiap bulannya akan terus naik apalagi ada rangkaian KTT G20 dan puncaknya pada November.

"Kalau dihitung dari Januari terus naik setiap bulannya. Di G20 November akan ramai juga karena itu banyak pesertanya dan belum bisa kita hitung atau prediksi berapa banyak," ujarnya.

(kdf/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER