Harga Cabai di DKI Jakarta Masih 'Pedas' di Rp120 Ribu per Kg

dnz | CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 12:48 WIB
Harga cabai rawit di wilayah DKI Jakarta dijual Rp120 ribu per kilogram dan jenis cabai lainnya ada di kisaran Rp85 ribu sampai Rp99 ribu-an per kg. Harga cabai rawit di wilayah DKI Jakarta dijual Rp120 ribu per kilogram dan jenis cabai lainnya ada di kisaran Rp85 ribu sampai Rp99 ribu-an per kg. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga cabai rawit merah di wilayah DKI Jakarta masih sangat tinggi. Karena komoditas itu masih dibanderol Rp120 ribu per kg.

Selain cabai rawit merah, harga cabai merah keriting juga masih sangat tinggi karena dijual Rp99.150 per kg.

Mengutip laman PIHPS, Senin (4/7), cabai rawit hijau dibanderol Rp85 ribu per kg dan cabai merah besar senilai Rp86.650 per kg.

Sementara itu untuk komoditas lainnya, bawang merah ukuran sedang dijual Rp75 ribu per kg, bawang putih Rp39.150 per kg, telur ayam ras segar Rp27.750 per kg, dan daging sapi berkualitas 1 dijual Rp152.500 per kg.

Sementara itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut lonjakan harga cabai hingga di angka Rp100 ribuan per kg memang tak bisa dihindari. Menurutnya, kenaikan harga ini dipicu oleh momen menjelang Iduladha.

"Memang ada dinamika harga menjelang Hari Raya Iduladha. Dan ini adalah momentum yang terjadi setiap tahun, Idulfitri, Iduladha, Natal dan tahun baru. Tapi kami hadir di sini, bersama jajaran lainnya untuk memastikan bahwa cabai tersedia cukup," kata Syahrul dalam keterangan resminya Senin (4/7).

Selain itu, kenaikan harga juga dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama penyakit yang massif sehingga membuat hasil panen petani tidak optimal.

Di sisi lain, dibukanya PPKM membuat kebutuhan horeka (sektor industri makanan) juga turut meningkatkan permintaan cabai.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER