Daftar Harga Bahan Pangan di Pasar DKI yang Harganya Tinggi

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 14:55 WIB
Harga sejumlah bahan pokok di pasar DKI Jakarta masih tinggi. Bahkan, cabai rawit merah dibanderol lebih dari Rp100 ribu per kg. Harga sejumlah bahan pokok di pasar DKI Jakarta masih tinggi. Bahkan, cabai rawit merah dibanderol lebih dari Rp100 ribu per kg. (CNN Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga sejumlah bahan pokok di pasar DKI Jakarta masih tinggi. Bahkan, cabai rawit merah harganya dibanderol lebih dari Rp100 ribu per kilogaram (kg).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada Selasa (5/7), di Pasar Ciracas, Jakarta Timur, harga cabai rawit merah menyentuh Rp120 ribu per kg. Padahal, normalnya dipatok Rp40 ribu per kg.

"Cabai rawit merah Rp120 ribu, kalau pas murah bisa Rp40 ribu. Harga naik karena pasokan dari petani gak ada," ungkap Desi (40) pedagang di pasar tersebut.

Tingginya harga juga terjadi pada cabai merah keriting yang saat ini dihargai Rp120 ribu per kg. Sementara itu, cabai rawit hijau dihargai Rp80 ribu per kg naik dari yang sebelumnya Rp30 ribu per kg.

Kemudian, bawang merah naik dari Rp40 ribu menjadi Rp80 ribu per kg. Selanjutnya, tomat naik dari Rp12 ribu menjadi Rp25 ribu per kg.

Harga daging sapi juga masih terbilang tinggi. Saat ini daging sapi dihargai Rp140 ribu per kg. Padahal, biasanya harga daging hanya Rp130 ribu sampai Rp135 ribu per kg.

Yani (30), penjual daging sapi di pasar tersebut mengatakan tingginya harga dipengaruhi oleh wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Di sisi lain, dia menyebut beberapa pembeli merasa takut, sehingga penjualan juga berkurang.

"Karena sapinya kali, ada PMK itu, harga malah melonjak," terang dia.

Yani menuturkan dengan tingginya harga daging sapi, omzetnya pun menurun hingga 50 persen. Biasanya, ia bisa menjual 40 kg per hari, kini hanya terjual 20 kg saja.

Harga daging ayam juga naik dari Rp40 ribu per ekor menjadi Rp45 ribu per ekor untuk ukuran kecil. Sedangkan, untuk ukuran besar naik dari Rp60 ribu menjadi Rp70 ribu per ekor.

Meski begitu, ada juga beberapa bahan pokok yang harganya turun, seperti telur ayam turun dari Rp29 ribu menjadi Rp27 ribu per kg. Bawang putih dari Rp40 ribu menjadi Rp35 ribu per kg. Lalu, minyak goreng curah dari Rp18 ribu menjadi Rp16 ribu per kg.

Sementara itu, di Pasar Senen, Jakarta Pusat, harga cabai rawit merah menyentuh Rp95 ribu per kg. Harga yang sama juga berlaku untuk cabai merah keriting.

Sementara, bawang merah naik dari Rp60 ribu menjadi Rp80 ribu per kg. Sedangkan, harga bawang putih masih stabil di level Rp30 ribu sampai Rp40 ribu per kg. Harga tomat ikut naik dari Rp10 ribu menjadi Rp20 ribu per kg.

"Emang udah naik dari bandarnya. Setiap stok kosong naik," jelas Usup (50) pedagang di pasar tersebut.

Seperti halnya di Pasar Ciracas, di Pasar Senen, harga daging sapi juga dipatok Rp140 ribu per kg. Sementara daging ayam dibanderol Rp40 ribu hingga Rp60 ribu per ekor, bergantung dari ukuran.

Pedagang mengatakan harga daging ayam terbilang tinggi saat ini. Pasalnya, harga komoditas tersebut biasa dipatok antara Rp30 ribu sampai Rp45 ribu per ekor.

Hanya telur ayam yang harganya turun dari Rp28 ribu menjadi Rp26.500 per kg.

Begitu pula dengan harga minyak goreng kemasan turun dari Rp50 ribu menjadi Rp45 ribu per dua liter.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER