Minyak Goreng Rp14 Ribu Meluncur, Mendag Resmi Sebar MinyaKita

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 12:30 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan resmi meluncurkan MinyaKita, minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp14 ribu. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan resmi meluncurkan MinyaKita, minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp14 ribu. (CNN Indonesoa/Lidya Julita).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan resmi meluncurkan produk minyak goreng kemasan yang diberi nama MinyaKita pada hari ini, Rabu (6/7).

Peluncuran dilakukan di lapangan Kementerian Perdagangan sekaligus membuka bazar penjualan MinyaKita. Bazaar ini hanya berlangsung satu hari bagi masyarakat yang ada di sekitar Kementerian Perdagangan.

"Tentu kita bersyukur pagi ini melakukan sesuatu yang penting yaitu peluncuran MinyaKita. Jadi MiyaKita ini adalah minyak goreng yang dikemas secara sederhana," ujarnya saat membuka acara peluncuran.

Minyak goreng kemasan sederhana ini ditetapkan dengan harga tertinggi Rp14 ribu per kemasan dan bisa dijual secara eceran oleh siapapun termasuk warung-warung kecil. Dengan syarat, tidak boleh dijual di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Kemendag.

"Jadi MinyaKita ini bisa dijual di bawah Rp14 ribu, tapi kalau di atas Rp14 ribu tidak boleh," jelasnya.

Menurutnya, adanya MinyaKita memberikan kebahagiaan tidak hanya bagi masyarakat, tapi juga pengusaha dan petani sawit. Pasalnya, pengusaha yang tadinya mengeluhkan tangki penuh akibat larangan ekspor, bisa memproduksi MinyaKita.

Dengan memproduksi MinyaKita maka tangki pengusaha yang tadinya penuh akan berkurang, sehingga bisa kembali membeli produk dari petani sawit. Hal ini akan mendorong harga tandan buah segar sawit kembali naik.

"Ini berkah sebetulnya. Petani sawit bahagia, pengusaha bahagia, pemerintah bahagia. Petani dapat harga bagus, pengusaha dapat cuan banyak, masyarakat bisa membeli dengan harga murah," ungkapnya.

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menyebutkan hingga saat ini sudah ada 2 perusahaan yang setuju memproduksi MinyaKita. Lalu, ada 7 perusahaan yang dalam proses finalisasi.

"Minyak goreng kemasan MinyaKita baru didukung dua perusahaan. Segera menyusul ada tujuh perusahaan lagi yang siap produksi kemasan MinyaKita," kata dia.

Diharapkan dengan kemasan yang baik ini, pendistribusian minyak murah ke pelosok negeri bisa dilakukan lebih cepat.

Sehingga makin banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat kebijakan pemerintah.

"Diharapkan bisa mempercepat distribusi khususnya ke wilayah Timur. Ke wilayah ini biasanya dari sisi pendistribusian lebih sulit," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(idy/dzu)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER