Zulhas soal Sering Dicecar: Harga Pangan Bukan Urusan Kemendag

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 13:22 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku sering dicecar perihal harga pangan meski menurutnya masalah tersebut bukan urusan Kemendag. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku sering dicecar perihal harga pangan meski menurutnya masalah tersebut bukan urusan Kemendag. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku kerap dicecar oleh masyarakat saat terjadi kenaikan harga pangan. Padahal, ini bukan urusan Kementerian Perdagangan (Kemendag)

Menurutnya, urusan pangan menjadi tanggung jawab utama Kementerian Pertanian (Kementan), namun karena semua hal berlabuh di Kemendag, sehingga ia kerap dicecar saat terjadi kenaikan harga bahan pokok.

"Walau sesungguhnya bukan kita yang menentukan tapi orang tahunya Kemendag, termasuk nanti harga 11 bahan pokok itu. Itu juga kita yang akan dikejar oleh masyarakat," ujarnya dalam peluncuran MinyaKita, Rabu (6/7).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), 11 bahan pokok yang dimaksud adalah beras, gabah, jagung, sagu, kedelai, garam, daging, telur, susu, buah-buahan dan sayur-sayuran.

"Kita yang dikejar walaupun kita tidak mengurusi pertanian, misalnya cabai, bawang dan kemudian telur, ayam, daging dan seterusnya," curhatnya.

Oleh karenanya, ia meminta kepada jajaran Kementerian Perdagangan untuk tetap bekerja keras menyelesaikan persoalan pangan yang tengah mengalami lonjakan harga.

"Jadi memang hari-hari ini banyak hal yang harus kita lakukan dan kerjakan. Makanya, saya minta teman-teman di Kemendag (kerjakan), karena kita punya tugas mulai melahirkan keputusan-keputusan, kebijakan-kebijakan yang membuat masyarakat lebih baik," jelasnya.

Lanjutnya, salah satu kebijakan yang sudah dijalankan dengan baik adalah melahirkan minyak goreng kemasan merek MinyaKita seharga Rp14 ribu per kemasan. Ini sesuai dengan tugas yang dititipkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya saat pelantikan untuk menyelesaikan persoalan minyak goreng dalam sebulan.

"Pendek kata minyak Rp14 ribu, Alhamdulillah dalam dua minggu ini sudah berhasil dan sudah ada dimana-mana, tidak ada antrian, tidak ada keluhan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(idy/dzu)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER