Taiwan Blokir Mie Sedaap asal RI, Produsen Bantah Isu Residu Pestisida

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 21:00 WIB
Taiwan mencegat pengiriman impor Mie Sedaap dari RI karena mengandung residu pestisida dengan kadar yang berlebihan. Taiwan mencegat pengiriman impor Mie Sedaap dari RI karena mengandung residu pestisida dengan kadar yang berlebihan. Ilustrasi. (iStockphoto/whitewish).
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pengawas Obat dan Makanan Taiwan memblokir pengiriman mi instan merek Mie Sedaap dari Indonesia.

Mengutip focustaiwan.tw, Rabu (6/7), Taiwan juga memblokir pengiriman mi instan asal Filipina dan Jepang. Hal ini dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan Taiwan menemukan mi instan Indonesia, Filipina, dan Jepang mengandung residu pestisida dengan kadar yang berlebihan.

Secara total, Badan Pengawas Obat dan Makanan Taiwan telah menolak 19 pengiriman mi instan dengan total 4.431 kilogram (kg).

Rinciannya, 4.047 kg mi cup merek Mie Sedaap dari Indonesia dan 327 kg mi cup Lucky Me dari Filipina. Keduanya diimpor oleh Grup Elom Taiwan.

Mie Sedaap sendiri merupakan salah satu produk milik wings Food.

Sementara, Marketing Manager Noodle Category Wings Food Katria Arintya Anindyantari membantah Mie Sedaap mengandung residu pestisida. Menurut dia, produk Mie Sedaap ditahan oleh pihak Taiwan karena ada perbedaan regulasi.

"Produk Mie Sedaap tidak mengandung residu pestisida. Penahanan Mie Sedaap di negara Taiwan tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Penahanan produk yang terjadi dikarenakan adanya perbedaan regulasi yang diterapkan oleh regulator setempat," ungkap Arintya kepada CNNIndonesia.com.

Sejauh ini, kata dia, Mie Sedaap telah memperoleh izin pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, sertifikat halal dari MUI, sertifikat ISO 22000 mengenai standar internasional manajemen keamanan pangan, dan sertifikasi ISO 9001 mengenai standar internasional sistem manajemen mutu.

"Hal ini menunjukkan bahwa Mie Sedaap dikembangkan dengan standar produksi dan pengawasan yang ketat, serta memenuhi standar keamanan makanan di seluruh rantai pasok, sehingga produk Mie Sedaap aman dikonsumsi untuk masyarakat luas," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]

(aud/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER