Sri Mulyani Ungkap Menkominfo Johnny G Plate Ikut Tax Amnesty

CNN Indonesia
Senin, 11 Jul 2022 11:41 WIB
Menkeu Sri Mulyani mengungkap Menkominfo Johnny G Plate mengikuti program pengungkapan sukarela atau tax amnesty jilid II. Menkeu Sri Mulyani mengungkap Menkominfo Johnny G Plate mengikuti program pengungkapan sukarela atau tax amnesty jilid II. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Nusa Dua, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengikuti program pengungkapan sukarela (PPS) atau tax amnesty jilid II.

Sri Mulyani menjelaskan mayoritas peserta tax amnesty jilid II melapor secara digital. Termasuk Johnny.

"Tax amnesty tidak ada satu pun pengusaha yang ke kantor DJP, semuanya online, termasuk Pak Johnny Plate yang juga ikut," terang Sri Mulyani dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 di Bali, Senin (11/7).

Dalam kesempatan sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan negara berhasil mengumpulkan pajak penghasilan (PPh) sebesar Rp61,01 triliun melalui tax amnesty jilid II.

Dana itu diperoleh dari 247,9 ribu wajib pajak selama periode Januari-Juni 2022 dengan total harta bersih yang diungkapkan sebesar Rp594,82 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan harta bersih yang dilaporkan terdiri dari deklarasi dalam negeri dan repatriasi sebesar Rp512,52 triliun. Kemudian, harta yang dideklarasi tapi tetap berada di luar negeri sebesar Rp59,91 triliun.

Lalu, harta yang diungkapkan dan dimasukkan ke dalam instrumen investasi ada senilai Rp22,34 triliun.

Ia menambahkan mayoritas peserta tax amnesty lebih banyak wajib pajak orang pribadi (WP OP).

Hal ini tercermin dari surat keterangan yang dikeluarkan DJP sebanyak 4.067 surat kepada WP Badan dan 303.992 surat kepada WP OP.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER