Japan Credit Rating Pertahankan Peringkat Utang RI BBB+

tim | CNN Indonesia
Kamis, 28 Jul 2022 12:02 WIB
Japan Credit Rating Agency (JCR) mempertahankan peringkat surat utang RI di level BBB+ pada 27 Juli 2022. Japan Credit Rating Agency (JCR) mempertahankan peringkat surat utang RI di level BBB+ pada 27 Juli 2022. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Pemeringkat Japan Credit Rating Agency Ltd (JCR) kembali mempertahankan peringkat surat utang (sovereign credit rating) Indonesia di posisi BBB+ dengan outlook stabil (investment grade) pada 27 Juli 2022.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan JRC mempertahankan peringkat surat utang RI dengan beberapa mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya prospek pertumbuhan ekonomi yang kuat seiring dengan permintaan domestik yang membaik.

Lalu, utang pemerintah dianggap masih terkendali. JCR bahkan memproyeksi utang RI menurun secara bertahap seiring dengan potensi pertumbuhan ekonomi domestik dan kenaikan harga komoditas.

"(Keputusan JRC) menunjukkan bahwa pemangku kepentingan internasional tetap memiliki keyakinan yang kuat atas terjaganya stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia di tengah risiko dampak dari perlambatan ekonomi global terhadap pertumbuhan ekonomi domestik," ungkap Perry dalam keterangan resmi, Kamis (28/7).

JRC, kata Perry, memproyeksi ekonomi RI tumbuh 5 persen pada 2022. Hal ini didukung oleh konsumsi swasta, investasi, dan ekspor.

Lembaga pemeringkat itu juga memprediksi defisit fiskal pada 2022. Namun, angkanya diprediksi turun tahun depan.

Sementara, Perry mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam menentukan kebijakan ke depan. Bank sentral juga akan mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global.

"BI juga akan merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan stabilitas makroekonomi dan stabilitas keuangan, termasuk penyesuaian lebih lanjut stance kebijakan yang diperlukan," jelas Perry.

[Gambas:Video CNN]

(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER