Jokowi Resmikan Terminal Kijing 'Bernilai' Rp2,9 T

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 10:59 WIB
Jokowi meresmikan Terminal Kijing di Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat pada Selasa (9/8) ini. Nilai investasi proyek terminal ini mencapai Rp2,9 triliun. Jokowi meresmikan Terminal Kijing di Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat pada Selasa (9/8) ini. Nilai investasi proyek terminal ini mencapai Rp2,9 triliun. (Muchlis - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Kijing di Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat pada Selasa (9/8) ini. Nilai investasinya mencapai Rp2,9 triliun.

Terminal ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah dikerjakan sejak 2016 oleh Pelindo dan mendapatkan pendanaan dari pemerintah.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat," ujar Jokowi, Selasa (9/8).

Dengan peresmian terminal ini, Jokowi berharap Pelabuhan Pontianak bisa ikut memperkuat daya saing produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh Provinsi Kalimantan Barat, seperti CPO (crude palm oil), alumina hingga bauksit.

Terlebih lagi, pelabuhan ini memiliki kapasitas 500 ribu TEUs dan 8 juta yang non peti kemas.

"Tadi tanya Pak Dirut Pelindo, habis berapa pak ini pak? Gede banget seperti ini, Rp2,9 triliun. Jadi jangan sampai investasi yang besar seperti itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antar Pelabuhan, antar pulau dan antar negara," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Agar fungsi terminal menjadi maksimal, Jokowi memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga hadir dalam peresmian untuk memperlebar akses jalan dari pelabuhan ini ke Kota Pontianak.

"Jadi selesaikan sekalian, sehingga perjalanan kontainer maupun yang non peti kemas semuanya bisa lancar dan tujuan akhir kita memperkuat daya saing itu betul-betul bisa kita lakukan," tegasnya.

(idy/agt)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER