BI: Tukar Uang Baru Rupiah Emisi 2022 Bisa di Kantor Pusat dan Daerah

tim | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 10:35 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan masyarakat bisa mendapatkan uang baru rupiah tahun emisi 2022 di kantor pusat dan kantor perwakilan di daerah. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan masyarakat bisa mendapatkan uang baru rupiah tahun emisi 2022 di kantor pusat dan kantor perwakilan di daerah. Ilustrasi. (CNNIndonesia/ Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Bank Indonesia (BI) PerryWarjiyo mengatakan masyarakat yang ingin mendapatkan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 bisa datang langsung ke kantor pusat. Uang baru terdiri dari tujuh pecahan mulai dari Rp1.000 hingga Rp100 ribu.

Menurut Perry, masyarakat juga bisa menukarkan uang rupiah lama dengan desain baru di 46 kantor perwakilan BI. Dengan kata lain, masyarakat di daerah tak perlu jauh-jauh datang ke kantor pusat.

"Silakan datang ke kantor BI pusat maupun 46 kantor BI di seluruh Indonesia kalau ingin menukarkan dan dapat tujuh uang rupiah kertas emisi 2022 ini," ungkap Perry dalam Pembukaan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI), Jumat (19/8).

Ia mengatakan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 dibuat dengan teknologi terbaru. Dengan demikian, uang itu lebih aman dan sulit untuk dipalsukan.

"Lebih berkualitas dan menyulitkan untuk pemalsuan," imbuh Perry.

Selain itu, Perry mengklaim uang rupiah kertas tahun emisi 2022 akan lebih mudah dideteksi oleh penyandang tunanetra. "Ini memang lebih mudah untuk rekan-rekan yang memang perlu khusus tunanetra, ini juga kami permudah," terang Perry.

Lebih lanjut ia mengatakan rupiah tak hanya selembar kertas. Sebab, rupiah juga menggambarkan perjuangan Indonesia untuk merdeka.

"Rupiah tidak hanya selembar kertas, jadi harus cinta, bangga, dan paham. Dalam rupiah betul-betul penuh dengan perjuangan, sebagai salah satu simbol dari kedaulatan NKRI," jelas Perry.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 tentang penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI.

Berikut daftar nama dan nominal uang yang akan digunakan untuk gambar pahlawan nasional tersebut:

1. Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp100 ribu.

2. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp50 ribu.

3. Dr. G.S.S.J Ratulangi sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20 ribu.

4. Frans Kaisiepo sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp10 ribu.

5. Dr. K.H Idham Chalid sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp5 ribu.

6. Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp2 ribu.

7. Tjut Meutia sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp1.000.

[Gambas:Video CNN]

(aud/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER