Pedagang Jawab Mendag soal Harga Daging Ayam: Tidak Ada Rp20 Ribu

CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 11:11 WIB
Pedagang pasar di DKI membenarkan bahwa harga daging ayam turun, namun tidak ada yang dijual seharga Rp20 ribuan per ekor. Pedagang pasar di DKI membenarkan bahwa harga daging ayam turun, namun tidak ada yang dijual seharga Rp20 ribuan per ekor. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Para pedagang di sejumlah pasar menjawab Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang menyoal penurunan harga daging ayam hingga di kisaran Rp26 ribu per ekor dari Rp52 ribu per ekor.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Jumat (19/8), harga daging ayam dipatok Rp30 ribu hingga Rp75 ribu per ekor di sejumlah pasar tradisional DKI Jakarta.

Di Pasar Santa, Jakarta Selatan, harga daging ayam ukuran sedang turun dari Rp40 ribu menjadi Rp35 ribu per ekor. Sementara, daging ayam ukuran besar turun dari Rp65 ribu menjadi Rp60 ribu per ekor.

Salah satu pedagang, Wartini, mengatakan harga daging ayam tidak ada yang dijual Rp20 ribuan per ekor seperti klaim Mendag. Menurut dia, dengan harga tersebut, pembeli hanya bisa mendapat beberapa bagian ayam.

"Kalau Rp20 ribu itu misalnya dada satu. Misalnya ada yg mau bikin sup, beli dada atau paha Rp20 ribu," ujarnya.

Sementara itu, harga daging ayam di Pasar Warung Buncit Jakarta Selatan terpantau naik. Daging ukuran sedang naik dari Rp30 ribu ke Rp35 ribu per ekor. Kemudian, daging ayam ukuran besar naik dari Rp60 ribu ke Rp75 ribu per ekor.

Seperti Wartini, salah satu pedagang pasar setempat Suryati juga membantah ada daging ayam yang dijual seharga Rp20 ribuan. "Harga Rp20 ribu? Tangkap dulu ayamnya ke kandang, di Sukabumi. Rp20 ribu mana ada?" katanya mempertanyakan.

Sementara itu, harga bahan pokok lain terpantau turun dibandingkan beberapa hari yang lalu. Di Pasar Santa, bawang merah turun dari Rp80 ribu ke Rp45 ribu per kg.

Kemudian, bawang putih turun dari Rp40 ribu ke Rp35 ribu per kg, tomat turun dari Rp25 ribu ke Rp18 ribu per kg.

Lalu, cabai keriting turun dari Rp80 ribu ke Rp50 ribu per kg dan cabai merah turun dari Rp100 ribu ke Rp50 ribu per kg. Selanjutnya, daging sapi stabil di level Rp140 ribu per kg. Sedangkan telur naik Rp29 ribu ke Rp31 ribu per kg.

Di Pasar Warung Buncit, cabai keriting turun dari Rp100 ribu ke Rp70 ribu per kg dan cabai merah turun dari Rp120 ribu ke Rp70 ribu per kg. Sedangkan, bawang merah naik dari Rp30 ribu ke Rp35 ribu per kg. Di sisi lain, bawang putih stabil di Rp28 ribu per kilogram.

[Gambas:Video CNN]



(fby/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER