Bahlil Klaim 5 Negara Siap Investasi di IKN, China Salah Satunya

tim | CNN Indonesia
Kamis, 08 Sep 2022 19:20 WIB
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengklaim setidaknya 5 negara sudah menyatakan siap berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya China. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengklaim setidaknya 5 negara sudah menyatakan siap berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya China. (Setkab.go.id/Oji).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengklaim setidaknya 5 negara sudah menyatakan siap berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Kelima negara itu yakni Uni Emirat Arab, China, Korea, Jepang dan Taiwan.

"Jadi jangan ada ketakutan, ada investasi di IKN atau nggak, bersama kolaborasi kita lakukan hal ini," ujarnya di Gedung DPR RI, Kamis (8/9).

Tak hanya kelima negara tersebut, bahkan ada negara Eropa juga yang sudah melirik dan tertarik berinvestasi di IKN. Namun, ia belum merinci daftar negara Eropa ini.

"Beberapa negara Eropa juga (minat investasi di IKN)," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan IKN sebagai proyek strategis nasional (PSN). Penetapan ini sebagai dasar agar mempermudah pembangunan proyek tersebut.

Pasalnya, berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2021 tentang Kemudahan PSN, proyek jenis ini memang mendapatkan banyak keistimewaan dari pemerintah. Keistimewaan berkaitan dengan pemberian jaminan terhadap sumber pembiayaan seluruh proyek.

Jaminan pemerintah itu diberikan melalui kredit atau pembiayaan syariah, kelayakan usaha, KPBU, dan risiko politik.

"Jaminan pemerintah diberikan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang keuangan negara dengan mempertimbangkan prinsip kemampuan keuangan negara, kesinambungan fiskal, dan pengelolaan risiko fiskal APBN," bunyi Pasal 18 Ayat 3.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER