Luhut: MotoGP Mandalika Sumbang Rp600 M untuk Ekonomi Lokal

tim | CNN Indonesia
Jumat, 09 Sep 2022 13:33 WIB
Menko Luhut mengungkapkan event MotoGP Mandalika memberikan multiplier effect  bagi ekonomi lokal hingga Rp600 miliar. Menko Luhut mengungkapkan event MotoGP Mandalika memberikan multiplier effect bagi ekonomi lokal hingga Rp600 miliar. (CNN Indonesia/Kadafi).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan gelaran MotoGP Mandalika pada Februari lalu menyumbang Rp600 miliar pada ekonomi lokal di kawasan tersebut.

"Event MotoGP Mandalika Februari lalu memberi multiplier effect bagi ekonomi lokal mencapai sampai Rp600 miliar," ungkapnya dalam acara 'Investment Forum: 5 Super Priority Tourism Destinations, Jumat (9/9).

Luhut menyebut saat itu potensi penonton mencapai 100 ribu orang. Penginapan pun penuh.

Menurutnya, terdapat 24.768 kamar yang dihuni oleh para tamu. Namun, pelaku pariwisata saat itu hanya mampu memenuhi 25 persen kebutuhan kamar dari total wisatawan.

Oleh karena itu, kata Luhut, potensi wisata di Mandalika harus terus dikembangkan.

"Kita mampu memenuhi 25 persen kebutuhan kamar, ini menjadi contoh potensi yang perlu dicermati," ujarnya.

Luhut menuturkan optimalisasi pembangunan pada sektor pariwisata khususnya dari sisi aksesibilitas perlu dilakukan. Sedangkan, untuk melakukan hal itu, sumber dananya tidak dapat hanya mengandalkan dari APBN dan APBD saja, tetapi juga dari investasi baik dalam maupun asing.

Karenanya, ia meminta Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama para kepala daerah agar dapat memfasilitasi percepatan realisasi investasi, meningkatkan promosi, dan memberikan insentif bagi para investor.

Pada saat yang sama, Luhut meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk meningkatkan promosi pariwisata dan menyelenggarakan event secara masif.

Tidak hanya itu, ia juga meminta Sandiaga melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta memperkuat tata kelola destinasi.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER