Harga McDonald's di Jepang Makin Mahal Imbas Mata Uang Yen Lesu

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 10:01 WIB
McDonald's di Jepang bakal menaikkan harga jual. Tak tanggung-tanggung, kenaikan harganya diperkirakan mencapai 60 persen. McDonald's di Jepang bakal menaikkan harga jual. Tak tanggung-tanggung, kenaikan harganya diperkirakan mencapai 60 persen. (istockphoto/ermingut).
Jakarta, CNN Indonesia --

McDonald's di Jepang bakal menaikkan harga pada menu makanan dan minumannya. Tak tanggung-tanggung, kenaikan harganya diperkirakan mencapai 60 persen.

Kebijakan restoran cepat saji berbasis di AS untuk regional Jepang itu diumumkan pada Senin (26/9), imbas dari pelemahan mata uang yen dan lonjakan inflasi dalam 24 tahun terakhir.

Harga McDonald's di Jepang bakal melesat hingga 10 hingga 30 yen (sekitar Rp1.047-Rp3.141) dengan kurs dolar AS setara Rp15.060, yang bakal berlaku mulai Jumat (30/9).

Salah satu yang terdampak adalah harga Big Mac yang bakal naik menjadi 410 yen (sekitar Rp42.900 ribu) dari yang sebelumnya seharga 390 yen (Rp40.800 ribu).

Persoalan ekonomi yang dialami Jepang membuat McDonald's di Negeri Matahari Terbit itu harus rela menghadapi mahalnya bahan impor. Hal itu diamini oleh restoran cepat saji McDonald's pusat yang berbasis di Chicago, AS.

"Lonjakan harga bahan baku baru-baru ini, kenaikan biaya tenaga kerja, logistik dan biaya energi, serta fluktuasi nilai tukar yang cepat," tutur McDonald's di Chicago, dikutip dari CNN Business.

Namun, ini bukan kali pertama McDonald's Jepang menaikkan harga jualnya. Pada Maret 2022 lalu, McDonald's Jepang juga menaikkan harga sekitar 20 persen.

Faktor-faktor, seperti kenaikan biaya daging sapi dan gandum menjadi biang kerok keputusan manajemen. Harga tersebut juga sangat berpengaruh bagi beberapa gerai McDonald's yang menggunakan bahan dari Amerika Utara untuk produksi kentang goreng.

Selain Big Mac, harga menu Cheeseburger juga bakal naik. Menu Cheeseburger kini bakal naik mencapai 180 yen (sekitar Rp18.900) dari sebelumnya ada di angka 140 yen (sekitar Rp14.700) pada awal 2022.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER