Menkop Teten Bakal Kurangi Jumlah Usaha Mikro di RI

tim | CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 21:43 WIB
Menkop UKM Teten Masduki akan mengurangi jumlah usaha mikro di Indonesia. Menkop UKM Teten Masduki akan mengurangi jumlah usaha mikro di Indonesia. (Antara/Aditya Pradana Putra).
Bali, CNN Indonesia --

Menteri Koperasi dan UKM (Menko UKM) Teten Masduki akan mengurangi jumlah usaha mikro di Indonesia.

"Kami ingin (usaha) mikro dikurangi. Bukan diperbanyak," ungkap Teten dalam Launching Smesco Hub Timur, Bali, Jumat (30/9).

Jika usaha mikro terus bertambah dan semakin banyak, sambung Teten, berarti Indonesia gagal membangun sektor ekonomi formal. Dengan kata lain, RI gagal membangun industri.

"Sering saya kalau bertemu kepala daerah laporan ke saya, bagus, dan mikronya banyak. Itu artinya kita gagal membangun sektor ekonomi formalnya. Kita gagal membangun industri, sehingga orang tidak punya pekerjaan, akhirnya bikin warung, bikin bubur, keripik, kerupuk dan lain sebagainya," papar Teten.

Di sisi lain, Teten mengatakan sekitar 19,5 juta sampai 20 juta UMKM sudah masuk ke ekosistem digital saat ini. Ia menargetkan 30 juta UMKM masuk ke sektor digital pada 2024.

"Hari ini digitalisasi kita sudah 19,95 juta hampir 20 juta (UMKM) dan target kita 30 juta pada 2024. Tapi, saya juga masih sedih karena yang dijual masih mayoritas produk dari impor," jelas Teten.

Ia menambahkan bahwa nilai digital ekonomi RI sudah lebih dari Rp300 triliun. Untuk itu, Teten berharap jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital terus meningkat.

[Gambas:Video CNN]

(kdf/aud)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER