BSU Tahap 4 Cair Hari Ini

tim | CNN Indonesia
Senin, 03 Okt 2022 06:40 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan subsidi upah (BSU) tahap empat cair mulai hari ini, Senin (3/10). Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan subsidi upah (BSU) tahap empat cair mulai hari ini, Senin (3/10). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan subsidi upah (BSU) tahap empat cair mulai hari ini, Senin (3/10).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengungkapkan pihaknya menerima data calon penerima BSU tahap keempat sebanyak 1,5 juta orang. Data kemudian dipadankan termasuk mengeluarkan penerima yang tidak berhak seperti, penerima bansos lain, peserta Prakerja, serta ASN, TNI, dan Polri.

"Jumlah tersebut kemudian berkurang kalau tidak salah dari 1,5 juta yang kita peroleh, itu 1,2 juta yang sudah clean dari pemadanan. InsyaAllah di awal minggu depan, Senin, dari hasil pemadanan tersebut tahap empat cair," ujarnya di Kemnaker, Jumat (30/9) lalu.

Awalnya, penyaluran BSU ditargetkan kepada 16,2 juta pekerja dengan anggaran Rp9,6 triliun.

Setelah proses verifikasi, jumlah pekerja yang berhak turun menjadi 14,6 juta dengan anggaran Rp8,7 triliun.

Menurut Anwar, jumlah calon penerima 14,6 juta orang itu masih bisa berkurang apabila ditemukan sejumlah penerima tidak memenuhi syarat.

Karenanya, setelah seluruh BSU disalurkan, Kemnaker akan melaporkan kepada publik detil jumlah penerima dan anggaran BSU yang disalurkan.

"Kemudian berapa yang tidak tersalur, alasannya apa, kemudian di situ ada sisa anggaran, tentu kita kembalikan," ujarnya.

Sama seperti tahap sebelumnya, penerima BSU tahap 4 harus memenuhi sejumlah syarat di antaranya bukan peserta Program Keluarga Harapan (PKH), tidak pernah menjadi peserta program Kartu Prakerja, dan peserta bukan anggota TNI, Polri, maupun ASN.

Nantinya, bantuan akan dicairkan lewat bank BUMN atau Himbara dan PT Pos Indonesia (Persero).

Berikut cara mengecek penerima bantuan tersebut:

1. Kunjungi situs web kemnaker.go.id.

2. Daftar akun

3. Jika Anda belum memiliki akun, daftarkan diri dengan melengkapi data diri, seperti NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

4. Login ke dalam akun Anda

5. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

6. Cek pemberitahuan

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER