DJP Soal Hacker Bobol Data: Kami Masih Aman

tim | CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 06:00 WIB
Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengatakan data wajib pajak sampai saat ini masih aman di tengah ramai serangan hacker. Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengatakan data wajib pajak sampai saat ini masih aman di tengah ramai serangan hacker. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengatakan data wajib pajak sampai saat ini masih aman di tengah ramai serangan hacker.

"Alhamdulilah, sampai hari ini masih aman (data DJP), diharapkan ke depannya akan tetap aman," ujarnya dalam media briefing, Selasa (4/10).

Menurutnya, internal DJP terus memperkuat infrastruktur pengamanan data. Sebab, ia menilai banyak cara yang bisa ditempuh hacker untuk membobol data.

"Kami ingin sampaikan, so far kami mencoba untuk memproteksi semaksimal mungkin data yang disampaikan oleh wajib pajak di DJP," imbuhnya.

DJP melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga termasuk Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam menjaga data wajib pajak yang dimiliki. Diharapkan, langkah pengamanan yang ditempuh makin memperkuat pengamanan data DJP.

"Kami kerja sama dengan BSSN juga untuk pengamanan dan institusi-institusi negara yang punya tusi pengamanan data secara menyeluruh," jelasnya.

Sebelumnya, hacker pembocor banyak data publik Bjorka telah menyenggol sejumlah tokoh lewat media sosial Twitternya.

Tak hanya menyenggol, Bjorka juga kerap melakukan doxing atau penyebaran data pribadi terhadap tokoh-tokoh tersebut.

Data-data yang sudah disebar Bjorka berupa nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat rumah, dosis vaksinasi, tingkat pendidikan, dan nomor HP. Bjorka menyebarkan data itu lewat channel pribadinya di telegram.

Beberapa tokoh yang tak lepas jadi korbannya adalah Ketua DPR Puan Maharani, Menkominfo Johnny G Plate, Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Mendagri Tito Karnavian, hingga Gubernur DKI Anies Baswedan.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER