Jokowi Prediksi Industri Kreatif Jadi Tulang Punggung Ekonomi Dunia

tim | CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 09:24 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi industri kreatif menjadi tulang punggung perekonomian dunia di masa depan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi industri kreatif menjadi tulang punggung perekonomian dunia di masa depan. (AP/Alexander Zemlianichenko).
Badung, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi industri kreatif menjadi tulang punggung perekonomian dunia di masa depan.

Jokowi melihat sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi. Menurutnya, produk-produk sektor ini tak terpengaruh pembatasan mobilitas saat covid-19 melanda.

"Saya percaya ekonomi kreatif di Indonesia dan di banyak negara lainnya akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan, semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif," kata Jokowi saat membuka World Conference on Creative Economy di Badung, Bali, Kamis (6/10).

Jokowi mendorong semua pihak untuk terus memacu perkembangan industri kreatif. Ia percaya industri kreatif bisa menjadi sektor yang futuristik, besar, dan maju jika mendapat dukungan semua pihak.

Ia juga memastikan Indonesia akan turut serta dalam hal tersebut. Jokowi berkata Indonesia mendukung pengembangan ekonomi kreatif.

"Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global," ujarnya.

Jokowi juga meyakini inovasi dan kreativitas ditunjang iklim inovasi yang sehat dan produktif serta dibarengi kebijakan yang adaptif akan mendorong kemajuan peradaban sebuah bangsa.

World Conference on Creative Economy edisi ketiga digelar di Bali. Acara ini menghadirkan sekitar seribu orang pelaku dan pengambil kebijakan ekonomi kreatif dari berbagai negara.

Selain Jokowi, acara ini juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER