Jokowi soal Ekonomi Malut Tertinggi Dunia: Kalau Ga Bahagia Kebangetan

tim | CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak heran apabila Maluku Utara (Malut) menjadi daerah dengan penduduk paling bahagia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak heran apabila Maluku Utara (Malut) menjadi daerah dengan penduduk paling bahagia. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak heran apabila Maluku Utara (Malut) menjadi daerah dengan penduduk paling bahagia.

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara merupakan yang tertinggi di dunia yakni mencapai 27 persen.

"(Pertumbuhan ekonomi) 27 persen nggak bahagia ya kebangetan," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi, Rabu (30/11).

Data Bank Indonesia mencatat ekonomi Maluku Utara tumbuh 27,74 persen pada kuartal II 2022, sedangkan di kuartal I mencapai 28,33 persen.

"Pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara 27 persen, tertinggi di dunia itu, enggak ada di dunia manapun pertumbuhan ekonomi sampai 27 persen," ujar Jokowi

Selain ekonomi yang melaju kencang, Jokowi menambahkan tingkat inflasi di Maluku Utara juga terkendali yaitu hanya 3,3 persen.

Menurut Jokowi, ekonomi Maluku Utara bisa melonjak karena hilirisasi dan industri baru.

Namun, ia mewanti-wanti pemerintah daerah Maluku Utara untuk tetap berhati-hati dan tidak terlena dengan pencapaian ekonomi saat ini.

"Kenapa saya peringatkan? Supaya yang benar ini dipertahankan, terus ditingkatkan lagi. Kalau saya puji-puji nanti kesenangan, tahu-tahu melorot jadi 5 persen," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyinggung saat ini dunia sedang mengalami situasi yang sulit karena lonjakan inflasi dan tren perlambatan ekonomi.

Kondisi itu terjadi di tengah krisis energi, krisis pangan, yang diikuti dengan sulitnya mencari pupuk, serta krisis finansial.

Oleh karena itu, Jokowi meminta seluruh jajaran pemerintah termasuk kepala daerah, untuk berhati-hati dalam menghadapi situasi yang tidak biasa ini dengan bekerja lebih keras.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER