Moeldoko Sebut Subsidi Motor Listrik Masih Digodok Pemerintah

CNN Indonesia
Minggu, 04 Des 2022 01:20 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut subsidi untuk pembelian motor listrik masih dibahas pemerintah. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bicara soal subsidi motor listrik. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut subsidi untuk pembelian motor listrik masih dibahas pemerintah.

"Itu masih dibicarakan. Dari kemarin rapat dengan Pak Menteri Keuangan masih di dalam pembicaraan ya," ujar Moeldoko kepada CNNIndonesia.com di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (3/12).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah membutuhkan dana sedikitnya Rp7,8 triliun untuk subsidi motor listrik.

Angka itu berasal dari target kepemilikan 1,2 juta unit motor listrik hingga 2024 nanti. Artinya, per unit motor listrik akan mendapatkan subsidi senilai Rp6,5 juta.

Rencana pemberian subsidi motor listrik dilontarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Tidak hanya motor listrik, pemerintah bahkan menyiapkan skema subsidi untuk pembelian mobil listrik.

Sementara itu, Kementerian Keuangan menyebut masih membahas soal anggaran subsidi untuk pembelian kendaraan listrik tahun depan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan rencana pemberian subsidi tersebut masih dalam tahap awal diskusi di internal pemerintah.

"Subsidi kendaraan listrik sedang didiskusikan," ujar Isa singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/12).

Sebagai informasi, Moeldoko juga tercatat sebagai salah satu pejabat yang terlibat langsung dalam industri kendaraan listrik.

Pada 2016, ia membangun PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang memproduksi bus bertenaga listrik. Selain itu, pada Juli tahun ini, Moeldoko membocorkan bahwa PT MAB turut mengembangkan motor listrik dengan dinamo buatan sendiri.

(pop/pmg)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER