EDUKASI KEUANGAN

Tips Jitu Siapkan Dana Kelahiran Anak Pasutri Muda

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Jan 2023 09:00 WIB
Dalam menyambut buah hati, pasutri muda sebaiknya menyiapkan tiga pos anggaran, mulai dari dana pra persalinan, biaya saat di RS, hingga setelah melahirkan. Dalam menyambut buah hati, pasutri muda sebaiknya menyiapkan tiga pos anggaran, mulai dari dana pra persalinan, biaya saat di RS, hingga setelah melahirkan. (Getty Images/Nattakorn Maneerat).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan suami istri (pasutri) muda yang ingin memiliki anak harus paham bagaimana tips menyiapkan dana untuk biaya persalinan. Dana tersebut bisa dicicil dengan menyisihkan penghasilan Anda dan pasangan.

Selain biaya persalinan, ada kebutuhan lain yang tak kalah penting. Bagaimana mempersiapkan peralatan bayi, kebutuhan sandang dan pangan buah hati, hingga biaya pendidikan anak.

Setidaknya ada tiga tahap pembagian dana yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati, mulai dari pra persalinan, saat di RS, hingga setelah melahirkan.

Perencana Keuangan Finante.id Dyah Lestari Agustini mengatakan memiliki buah hati adalah harapan banyak pasangan muda. Namun, mempersiapkan kelahiran tidak hanya perkara biaya persalinan. Ada banyak printilan lain yang harus dipersiapkan.

Dyah membagi cara menyiapkan dana untuk kelahiran anak ke dalam tiga tahap, yakni pra persalinan, saat di rumah sakit (RS), dan 30 hari setelah melahirkan. Berikut rincian lengkapnya:

1. Pra persalinan

a. Cek tunjangan kelahiran

Dyah mengatakan pasangan muda harus paham soal tunjangan persalinan. Menurutnya, bagi suami istri yang berstatus sebagai karyawan, biasanya perusahaan akan memberikan sejumlah tunjangan untuk melahirkan.

"Pastikan Anda menyesuaikan RS tempat persalinan dan biaya. Jangan sampai melebihi tunjangan yang diberikan oleh kantor. Jika Anda bukan karyawan, cek manfaat BPJS Kesehatan dan sesuaikan biaya persalinan sesuai manfaat yang didapatkan," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/1).

b. Rencanakan anggaran untuk kebutuhan bayi

Jangan lupa merencanakan anggaran untuk kebutuhan bayi, seperti susu, popok, makanan sehat untuk ibu, dan seterusnya. Dyah menegaskan pasangan muda harus menyisihkan setidaknya 10 persen dari pendapatan per bulan untuk kebutuhan ini.

c. Pertimbangkan beli barang bekas

Dyah menyarankan pasangan muda untuk mempertimbangkan membeli peralatan bayi bekas, seperti stroller, mainan, dan kebutuhan lain dari market place. Tujuannya untuk menghemat pengeluaran karena peralatan ini tidak akan dipakai jika anak sudah lebih besar.

d. Pilih dokter yang masuk dalam jaringan asuransi

Kondisi badan bayi setelah lahir tentu masih rentan. Namun, pasangan muda perlu segera menentukan dokter pertama bayi yang tepat.

Oleh karena itu, Dyah menyarankan untuk memilih dokter yang masuk dalam jaringan asuransi yang digunakan oleh pasangan muda. Hal ini perlu dipikirkan sebelum persalinan agar perhitungan biaya lain bisa dikalkulasikan lebih baik.

e. Pastikan dana darurat cukup

Jika belum memiliki dana darurat, pasangan muda masih punya waktu untuk menyiapkannya sembari mempersiapkan kelahiran sang buah hati.

Dyah menyebut anak-anak rawan kecelakaan. Selain itu, Anda harus mempersiapkan dana darurat karena membesarkan anak tidak ada yang tahu berapa besaran biaya tak terduga.

"Persiapkan dana darurat 6-9 kali pengeluaran bulanan. Siapkan budget atau dana yang lebih dari kebutuhan sebagai dana talangan jika dibutuhkan sewaktu-waktu," sarannya.

2. Saat di RS

a. Membuat akte kelahiran

Setelah biaya dan kebutuhan pra persalinan siap, saatnya pasangan muda mengeluarkan dana untuk kebutuhan di RS. Bukan soal biaya lahiran, tapi persiapan dokumen dan biaya membuat akte kelahiran anak.

"Saat ini ada banyak RS dan klinik ibu yang membantu untuk membuatkan akte kelahiran. Kadang kala sudah termasuk dalam tarif paket persalinan yang dimiliki. Hal ini perlu dipastikan, agar saat itu tiba Anda tidak kelabakan untuk mempersiapkan dokumen beserta dananya," tegas Dyah.

Lanjut ke halaman sebelah...

30 hari setelah melahirkan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER