Waspada, Kenali Ciri-Ciri Lelang Palsu

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 21 Jan 2023 09:56 WIB
DJKN Kementerian Keuangan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai lelang palsu yang biasanya mengatasnamakan instansi pemerintah. DJKN Kementerian Keuangan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai lelang palsu yang biasanya mengatasnamakan instansi pemerintah. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai lelang palsu yang biasanya mengatasnamakan instansi pemerintah.

Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto mengatakan beberapa ciri-ciri lelang palsu adalah harga yang ditawarkan murah dan uang ditransfer ke rekening pribadi, bukan instansi.

"Hati-hati jangan mudah tertipu karena banyak sekali pelaku penipuan menggunakan berbagai macam cara. Misal, minta DP untuk ke rekening pribadi, itu ciri-ciri," ujarnya dalam media briefing, Jumat (20/1).

Menurutnya, setiap melakukan lelang pemerintah tidak pernah memberikan rekening pribadi sebagai pembayaran. Sebab, semua hasil lelang masuk ke kas negara melalui rekening bendahara negara atau instansi pemerintah.

"Padahal lelang benar itu tidak ada uang jaminan dan disetor tidak ke rekening pribadi," imbuhnya.

Selain itu, biasanya lelang palsu juga dilakukan dengan membagikan selebaran. Jadi pernah langsung percaya dengan pengumuman yang tidak resmi, apalagi penawaran harga tidak masuk akal.

"Kemudian menemukan selebaran dan ada telepon, misal mobil mewah dijual dengan harga tidak wajar, maka silahkan hubungi kontak center kami," jelasnya.

Joko menjelaskan jika ingin melihat barang yang dilelang secara resmi oleh pemerintah bisa cek melalui lelang.go.id. Semua barang yang ada di website tersebut dijamin aman dan bebas dari penipuan.

"Jadi sekali lagi, pada saat menemukan sesuatu yang mencurigakan konfirmasi ke kami ada salurannya melalui hallo DJKN 150991. Kalau ada sesuatu yang mencurigakan terkait lelang apakah ragu atau tidak hubungi DJKN," pungkas Joko.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER