Jokowi Suntik Modal ke BUMN Transportasi dan Aviasi

CNN Indonesia
Selasa, 24 Jan 2023 18:28 WIB
Presiden Joko Widodo menggelontorkan tambahan penyertaan modal negara ke Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia. Presiden Joko Widodo menggelontorkan tambahan penyertaan modal negara ke Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelontorkan tambahan penyertaan modal negara (PMN) untuk dua perusahaan badan usaha milik negara (BUMN), yakni Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia.

Penambahan modal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2/2023 tentang Penambahan PMN ke Dalam Modal Perusahaan Umum (Perum) Pengangkutan penumpang Djakarta, dan PP Nomor 3/2023 tentang Penambahan PMN ke Dalam Modal Saham Perusahaan perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia.

Untuk Perum PPD, penambahan modal ditetapkan sebesar Rp282,41 miliar. Penambahan modal ini berasal dari pengalihan Barang Milik Negara (PMN) pada Kementerian Perhubungan berupa 600 unit bus yang pengadaannya bersumber dari APBN 2015 dengan rincian:

1. Bus Penumpang Merk Hino R260 dengan total anggaran Rp121,85 miliar untuk sebanyak 240 unit. Harga per unitnya Rp507,72 juta.

2. Bus Penumpang Merk Hino R260 dengan total anggaran Rp160,56 miliar untuk sebanyak 360 unit. Harga bus per unit Rp446 juta.

Sementara, penambahan modal ke PT Aviasi Pariwisata Indonesia dilakukan dengan pemindahan saham. Dalam hal ini, mengubah statusnya dari perum menjadi perusahaan perseroan.

"Penambahan PMN tersebut terdiri dari sebanyak 2.147.659 lembar saham Seri B pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pengembangan Pariwisata Indonesia yang telah ditempatkan dan disetor penuh oleh negara," tulis PP 3/2023 yang dikutip, Selasa (24/1).

Sedangkan, untuk nilai penambahan modal nantinya ditetapkan lebih lanjut oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani berdasarkan usulan Menteri BUMN Erick Thohir.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER