Jokowi: Hampir Semua Negara Rebutan Investasi di RI

tim | CNN Indonesia
Rabu, 01 Feb 2023 12:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa hampir semua negara luar berebut untuk berinvestasi di Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa hampir semua negara luar berebut untuk berinvestasi di Indonesia. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa hampir semua negara luar berebut untuk investasi di Indonesia.

Jokowi menyebut dua data yang membuat negara lain rebutan investasi di RI. Pertama, berdasarkan data investasi di 2022 RI bisa mencapai bahkan melebihi target Rp1.200 triliun, yakni Rp1.207 triliun.

Kedua, Jokowi menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 53 persen, di mana angka tersebut muncul dari luar Pulau Jawa. Sementara itu, sisanya 47 persen terlihat di Pulau Jawa.

"Artinya kita sudah tidak Jawa sentris lagi, tapi Indonesia sentris. Di Sulawesi baik, Maluku Utara baik, Sumatra tumbuh. Ini sangat-sangat baik karena hampir semua negara saat ini rebutan yang namanya investasi," katanya dalam Mandiri Investment Forum 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (1/2).

Ia lantas merinci tiga faktor utama kenapa negara-negara lain berebut investasi di Indonesia. Pertama, pemerataan infrastruktur, seperti jalan tol, pelabuhan, hingga bandara, yang tidak hanya tersebar di Pulau Jawa.

Kedua, stabilitas sosial dan politik dan keamanan Indonesia yang dianggap baik. Ketiga, fundamental ekonomi RI yang juga dianggap baik.

"Sehingga orang mau berinvestasi di negara kita. Dan juga kepemimpinan Indonesia di G20 dan sekarang menjadi Ketua ASEAN," ungkapnya.

Namun, Jokowi menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia memang masih dipimpin oleh sumbangan konsumsi, baru disusul investasi di urutan kedua.

Oleh karena itu, Jokowi meminta bahwa investasi harus betul-betul dijaga. Tidak hanya investasi dalam skala kecil di UMKM, melainkan skala besar yang masuk melalui korporasi-korporasi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER