Latihan Sederhana untuk Atasi Ancaman Gaya Hidup Modern

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 13/02/2015 06:30 WIB
Latihan Sederhana untuk Atasi Ancaman Gaya Hidup Modern Ilustrasi: Yoga (Getty Images/Thinkstockphotos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan teknologi yang tadinya ditujukan untuk memudahkan hidup Anda, kini seolah menjadi bumerang. Kemudahan yang ditawarkan oleh alat-alat canggih membawa Anda pada penyakit-penyakit yang diakibatkan gaya hidup modern.

(Baca juga: Gaya Hidup Modern yang Rentan Terhadap Penyakit)

Radiasi gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan gadget-gadget canggih menyebabkan pengrusakan sel otak, mesin cuci dan sepeda motor yang mengurangi gerak tubuh menyebabkan masalah tulang, dan barang-barang perlambang modernitas lainnya yang dapat memicu penyakit seperti kanker, obesitas, dan jantung.


Jika Anda termasuk penganut gaya hidup modern tersebut dan belum terlambat terhindar dari berbagai risiko penyakitnya, sebaiknya Anda sedikit memperbaiki. Ketergantungan terhadap teknologi yang terjalin begitu lama tentunya sulit untuk ditinggalkan. Tapi bukan berarti tidak bisa dikurangi, bukan?

Dengan menggurangi sedikit penggunaan teknologi-teknologi yang memanjakan hidup Anda dan kemauan untuk bergerak, Anda pun bisa tetap menjalani gaya hidup modern tanpa perlu terjangkit penyakit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengimbangi gaya hidup modern Anda adalah dengan melakukan yoga. Ada beberapa jenis yoga yang biasa Anda lakukan, baik di tempat pusat kebugaran maupun dengan melakukan sendiri di rumah.

Bagi Anda yang sering duduk terlalu lama, Anda dapat melakukan hatha yoga. Seperangkat gerakan yoga yang dikombinasikan dengan pranayama, jika dilakukan setiap hari, dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit gaya hidup modern.

Seperti dilansir dari Health Me Up, berikut beberapa gerakan yang mudah dilakukan agar tubuh Anda tetap sehat. Namun, sebelumnya dibutuhkan pengawasan instruktur yoga untuk melakukan gerakannya.

1. Surya Namaskar, tidak hanya latihan pemanasan tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Cobra Pose, memperkuat punggung bagian atas dan membantu mengoreksi postur tubuh yang buruk yang disebabkan oleh terlalu lama duduk di depan meja kerja.

3. Gerakan memutar bahu, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki untuk mengatasi kaku saat duduk terlalu lama di depan meja kerja. Jangan lupa juga untuk memejamkan mata sesaat dan menutupnya dengan kedua tangan untuk mencegah mata kelelahan akibat terlalu lama menatap layar komputer.

4. Shalabhasana, mengurangi nyeri punggung bagian bawah yang juga disebabkan terlalu lama duduk di kursi.

5. Downward Dog Pose dan Sarvangasana, membantu membalikkan aliran darah dalam tubuh Anda, sehingga mencegah kebotakan dan memutihnya rambut terlalu dini.

6. Gomukhasana, mencegah nyeri pada leher rahim, yang kini menjadi semakin umum pada perempuan. Gerakan ini dapat dipraktikkan sambil duduk di kursi.

Selain melakukan gerakan yoga sederhana, Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya yang membantu menjauhkan Anda dari berbagai penyakit yang disebabkan gaya hidup modern, seperti berjalan kaki atau mengayuh sepeda ke kantor, memilih menggunakan tangga daripada elevator dan lift, melakukan aktivitas lain di rumah sebagai hiburan, seperti bermain di taman, meningkatkan jumlah kedipan mata 6-8 kedipan per menit untuk mencegah kelelahan mata, atau melakukan latihan relaksasi dengan melatih pernapasan dan melakukan meditasi.

(mer/mer)