Acroyoga, Yoga 'Ekstrem' Favorit Para Artis

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2015 16:38 WIB
Acroyoga, Yoga 'Ekstrem' Favorit Para Artis Ilustrasi (Thinkstock/shironosov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belakangan ini, acroyoga atau acrobatic yoga, menjadi salah satu olahraga yang tengah populer di kalangan warga ibukota. Banyaknya kalangan selebriti yang melakukan olahraga ini pun turut menjadi alasan melejitnya olahraga tersebut.

Sebut saja Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie, Pevita Pearce, Olla Ramlan, Luna Maya, dan masih banyak lagi. Semua mengunggah foto aktivitas acroyoga mereka ke sosial media dengan posisi-posisi yang terlihat ekstrem.

Namun, menurut ahli acroyoga pertama di Indonesia, Fajar Putra, posisi yang kerap dianggap ekstrem itu sebenarnya tidaklah sesulit dan semenakutkan kelihatannya. "Biasanya dianggap ekstrem, tapi kalau sudah dicoba tidak karena semua ada tekniknya," kata Fajar saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (3/3).


Fajar juga mengatakan, acroyoga memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk membangun kepercayaan.

"Acroyoga itu yang paling utama adalah trust atau kepercayaan karena acroyoga dilakukan dua orang atau lebih. Kalau yoga kan hanya untuk diri sendiri," ujar Fajar.

"Acroyoga itu tentang bagaimana memberikan kepercayaan," imbuhnya.

Gerakan saling menumpu antara based dan flyer memang membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi. Jika tidak si flyer akan terjatuh dan cedera.

Sebabnya, acroyoga sangat baik dilakukan oleh pasangan suami istri, pasangan kekasih, atau para sahabat. Namun, Fajar pun tak memungkiri jika orang yang baru kenal pun bisa melakukan acroyoga dan akhirnya menjadi teman dekat. "Kalau di kelas instant connection. Meski awalnya tidak saling kenal, tapi pas keluar pasti langsung ngobrol-ngobrol, ketawa-ketawa bareng," ungkap Fajar.

Selain itu, acroyoga juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti menurunkan berat badan, menegakkan tulang belakang, memperbaiki postur tubuh, melancarkan peredaran darah, mengencangkan bagian vital perempuan, bahkan menghilangkan stres.

"Stres itu yang menjadi akar pertama dari segala penyakit. Untuk itu saya bilang ke murid-murid saya, di kelas kita happy-happy saja. Karena di acroyoga ada keseruan yang membuat happy," katanya memaparkan.

Meski memiliki segudang manfaat, namun Fajar menganjurkan untuk melakukan acroyoga sebanyak tiga kali dalam seminggu saja dengan durasi latihan 70 sampai 90 menit.

"Seminggu 3 kali cukup. Karena badan selalu butuh istirahat jadi jangan terlalu sering," ujarnya.



(mer/mer)