Dokter Membalik Posisi Bayi Sungsang dengan Kedua Tangan

Windratie, CNN Indonesia | Selasa, 12/05/2015 10:23 WIB
Dokter Membalik Posisi Bayi Sungsang dengan Kedua Tangan Ilustrasi kehamilan. (Thinkstock/Monkey Business Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah rekaman video memperlihatkan gambar saat seorang dokter 'membalik' bayi di dalam rahim ibunya dari posisi kaki di bawah menjadi posisi kepala di bawah. Dengan demikian, sang ibu dapat melahirkan secara alami seperti yang dia harapkan.

Christy Rojas, dari California Amerika Serikat, tinggal di Sydney dengan suaminya Manu dan anak tertua mereka Luca pada 2013. Christy mengetahui bahwa bayi laki-laki kedua yang sedang dikandungnya ada dalam posisi sungsang pada usia kehamilan 28 minggu.

Posisi sungsang, yaitu posisi di mana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas sehingga pada saat persalinan normal, bokong atau kaki si bayi, akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal.


Kondisi ini memengaruhi empat dari setiap seratus bayi, dan meningkatkan risiko komplikasi saat kelahiran dan perlunya bedah caesar.

Namun, Christy (35) bertekad untuk melahirkan di rumah secara alami. Dia menghabiskan beberapa minggu membujuk bayinya untuk berubah posisi sendiri. “Sekitar 32 minggu, saya mulai lebih peduli karena benar-benar ingin melahirkan di rumah,” katanya.

Berbagai tekhnik dilakukan untuk membuat posisi sang bayi kembali normal. Dari akupunktur, chiropractic, moxa, inversi dua kali sehari. Namun, tak ada solusi alami agar sang janin bergerak.

Christy pun berbicara dengan dokter tentang External Cephalic Version (ECV), di mana dokter kandungan menggunakan tangannya secara manual untuk membalikkan bayi secara alami dari luar perut ibunya.

Christy lalu diberikan kontak seorang dokter, Andrew Bisits, direktur obstetri di Royal Hospital. Bisits dijuluki sebagai, 'pembisik bayi' karena pekerjaan luar biasanya membenarkan posisi sungsang pada bayi.

Pada usia kandungan 37 minggu, Christy bertemu dengan Bisits untuk ECV, yang kemungkinan keberhasilannya lebih dari 50 persen. Dalam video tersebut, Bisits terlihat menempatkan tangannya di perut Christy, dan menekan sangat keras untuk membimbing bayi ke samping.

[Gambas:Youtube]

Setelah dua kali mencoba, dokter kandungan itu meminta sang ibu berbicara dengan bayinya. Ketika sang ibu berbicara, bayi pun membalik. Christy bisa merasakan kepalanya berangsur ke bawah menuju pinggulnya.

Banyak perempuan melaporkan bahwa prosedur ini nyaman. Christy mengatakan, bahwa prosedur ini begitu halus dan mudah. “Dokter Andrew begitu tenang dan tangannya menenangkan.”

Tiga minggu kemudian, Christy melahirkan secara normal di rumah keluarganya. Sesuatu yang mustahil terjadi tanpa bantuan Bisits.

Anak kedua Christy, Matisse, lahir pada 31 Maret 013, dengan bantuan suaminya Ranu, yang harus menjadi bidan karena anak mereka tiba lebih cepat daripada yang diperkirakan.


(win/utw)