Sensasi 'Wisata Frozen' di Gua Es Terbesar di Dunia

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Senin, 18/05/2015 13:45 WIB
Jika liburan ke pantai terlalu panas untuk Anda, pertimbangkan untuk berbagai jenis wisata yang benar-benar bisa mendinginkan. Gue Es Langjkull, Islandia (Ville Miettinen/Flickr via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika liburan ke pantai terlalu panas untuk Anda, pertimbangkan untuk berbagai jenis wisata yang benar-benar bisa mendinginkan. Salah satunya ke gua es buatan manusia terbesar di dunia.

Gua es buatan manusia terbesar di dunia akan resmi dibuka di Islandia. Wisatawan dapat melakukan perjalanan lebih dari 2.500 kaki ke jantung salah satu gletser terbesar di dunia, Langjökull di dataran tinggi Islandia, seperti dilansir dari laman Foxnews, Senin (18/5).

The Into The Glacier experience tours adalah dua operator wisata petualangan di Islandia — Baldvin Einarsson dan Hallgrímur Örn Arngrímsson — yang ingin membuat pengunjung merasakan pengalaman dikelilingi es, serta memungkinkan mereka melihat ‘es biru’, yaitu fenomena di mana es terkubur di bawah permukaan gletser muncul dalam nuansa biru yang menakjubkan.


Proses pembangunan gua dimulai pada 2010 dan meskipun tujuan utama tempat ini untuk objek wisata, mahasiswa dan peneliti di University of Iceland akan menggunakannya untuk mengukur gerakan es periodik. Gua tersebut memiliki panjang setengah mil dan pada titik terdalam hampir mencapai 1.000 kaki di bawah permukaan gletser.

Wisata melalui gletser dapat memakan waktu hingga empat jam, tetapi pengunjung yang berpakaian tepat juga bisa menghabiskan satu jam tambahan menikmati lampu warna-warni dalam pengaturan yang menakjubkan.

Jauh di dalam gletser, lampu LED memandu jalan melalui liku-liku. Ada beberapa ukiran gua kecil dan bilik — bahkan kapel pernikahan yang dapat digunakan untuk pernikahan intim bertema Frozen. Ruang lain bahkan bisa disewa.

Tur gua sendiri membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam, tapi pengalaman ‘wisata Frozen’ juga bisa dipesan sebagai bagian dari trip Reykjavik. Gletser ini dapat diakses melalui sebuah truk gletser khusus, tapi untuk pemandangan yang mencakup semua lanskap es, pemandu wisata akan menyarankan menggunakan helikopter.

Untuk bisa merasakan sensasi ‘wisata Frozen’ ke Langjökull, Anda perlu merogoh kocek mulai sekitar US$ 137 (Rp 1,8 juta) hingga US$ 2.050 (Rp 26,8 juta) untuk tur eksklusif semua akses.

Gua ini resmi terbuka untuk semua wisatawan pada 1 Juni 2015.

(mer/mer)