Kelahiran Triplet yang Unik, Dua di Antaranya Kembar Siam

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 21/05/2015 15:44 WIB
Kelahiran Triplet yang Unik, Dua di Antaranya Kembar Siam ilustrasi (Thinkstock/Monkey Business Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki bayi kembar tiga alias triplet memang sesuatu yang langka. Tak semua orang bisa beruntung memiliki tiga bayi dengan wajah mirip dan satu hari kelahiran yang sama.

Silvia Hernandez dan Raul Torres, penduduk Texas menyambut bayi kembar tiga mereka yang berjenis kelamin perempuan beberapa waktu lalu. Triplet ini diberi nama Catalina, Ximena dan Scarlett.

Bayi kembar ini lahir di Corpus Christi Medical Center. Mengutip People, hebatnya sang ibu, Silvia tidak menggunakan perawatan kesuburan apapun untuk mendapatkan anugerah bayi kembar tiganya.


Namun sayangnya, dua di antara triplet ternyata memiliki masalah. Ximena dan Scarlett terlahir siam di bagian panggulnya. Dari seluruh kemungkinan yang adam kembar siam hanya terjadi sekali setiap 200.000 kelahiran. Bayi-bayi siam ini terhubung pada panggulnya, namun mereka memiliki kaki yang terpisah, kandung kemih terpisah. Namun bagian usus dan dinding perutnya menyatu. Toress mengatakan bahwa keduanya kemungkinan dipisahkan ketika berusia enam bulan sampai satu tahun.

"Mereka akan menjalani operasi mulai sekarang. Mereka akan diperiksa semua cairannya untuk memastikan tak ada masalah," kata Torres.

Bayi siam, Ximena dan Scarlett dipindahkan ke rumah sakit Driscoll Children di Corpus Christi. Sedangkan Catalina tetap berada di Corpus Christi Medical Center bersama Hernandez yang sedang dalam kondisi pemulihan dari operasi caesar.

Kondisi siam ini sebenarnya sudah diketahui oleh Torres dan pasangannya. Masalah siam sudah terdeteksi sejak masa kehamilan.

"Sejujurnya saya menangis. Bukan karena bagaimana mereka akan terlihat. Tapi karena kami tahu bahwa kami akan melakukan yang terbaik untuk memberikan kehidupan yang terbaik untuk mereka. Saya menangis karena dokter mengatakan bahwa kami harus paham dan menerima kenyataan bahwa setelah mereka lahir, mereka bisa saja meninggal," tulisnya di halaman Facebook Siamese Triplets Hernanadez Torres.

Kondisi dua putrinya yang terlahir melekat dari bagian pinggul ini tak lantas membuat kedua orang tuanya bersedih.

"Tuhan memilih kami untuk mengurus bayi-bayi ini. Kami percaya pada Tuhan dan yakin kalau kami berserah maka semuanya akan baik-baik saja," ucap Torres dalam pernyataan yang dirilis rumah sakit.

"Tuhan memilih kami karena suatu alasan, yaitu untuk dirawat. Tuhan mengirimkan malaikat kecil karena suatu alasan, maka itu adalah berkah besar bagi kami."



 

(chs/utw)