Enam Cara Mengejutkan Mengembalikan Kilau Perhiasan

Utami Widowati, CNN Indonesia | Senin, 01/06/2015 07:02 WIB
Enam Cara Mengejutkan Mengembalikan Kilau Perhiasan Ilustrasi perhiasan. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perhiasan jenis apapun sebagai pelengkap berbusana bagaimanapun akan terlihat lebih indah jika masih dalam kondisi berkilau. Namun debu, cara penyimpanan, kondisi alam, efek dari parfum atau kosmetika yang tak sengaja mengenai permukaan perhiasan bisa mengubah kilaunya.

Belum lagi biasanya perhiasan ini bisa saja dipakai seharian.

Tak perlu bingung memikirkan apa bahan kimia yang baik untuk membersihkan dan menjaga kilau perhiasan. Karena hampir semua jenis perhiasan bisa dibersihkan dengan bahan yang bisa kita dapatkan dari dapur kita sendiri.


Simak enam bahan rumahan berikut yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perhiasan, seperti yang dikutip dari Huffington Post :

1. Saus tomat untuk membersihkan perak.
Kita mengenalnya sebagai saus tomat meski di beberapa negara barat orang menyebutnya sebagai ketchup. Ternyata saus tomat botolan tak hanya nikmat untuk teman makan burger dan kentang goreng, tapi juga bisa mengembalikan kilau perhiasan perak.

Rendam sebentar perhiasan dalam larutan saus tomat dalam mangkuk sekitar 5-10 menit. Jangan lebih dari waktu itu karena asam tomat bisa mengakibatkan kerusakan juga. Lalu bilas dengan air hangat sembari disikat dengan sikat gigi lembut. Lalu keringkan segera.

2. Beer untuk perhiasan emas
Basahi kain lembut dengan sediki bir, lalu usap lembut permukaan perhiasan. Hanya sedikit hal yang perlu Anda ingat saat melakukan hal ini: pastikan perhiasan emas Anda adalah emas padat atau berlapis emas tanpa batuan mulia. Kedua jangan gunakan bis berwarna gelap, tak masalah dimana bir dibuat.

3. Vodka untuk berlian lebih berkilau.
Buat sebagian orang vodka nikmat untuk diminum, namun ternyata bukan itu saja  fungsi minuman ini. Vodka juga bisa mengembalikan kilau berlian atau kristal.

Anda bisa mengusap permukaan perhiasan dengan kain yang telah dibasahi vodka. Atau bisa juga Anda mencelupkan perhiasan sebentar dalam segelas vodka. Tak hanya untuk perhiasan, vodka juga cukup ampuh membersihan kotoran dari permukaan kaca mata.

4. Air soda mengembalikan kilau batu permata.
Untuk batu permata baik yang berharga atau setengah berharga, gunakan air soda untuk membersihkannya. Rendam perhiasan, lalu keringkan dengan kain kering.

5. Pembersih jendela untuk perhiasan dari logam dan batu mulia
Untuk menghalau debu dan kotoran yang menempel di perhiasan dari logam dan batu mulia seperti berlian dan rubi, gunakan pembersih jendela. Lalu sikat lembut dengan sikat gigi. Akhirnya keringkan dengan kain bersih yang lembut.

6. Pasta gigi untuk membersihkan segala jenis perhiasan
Pasta gigi tak hanya baik untuk menjaga kebersihan gigi dan membuat gigi lebih berkilau. Tapi juga cukup ampuh untuk menjaga kilau segala jenis perhiasan, kecuali mutiara.

Gunakan sedikit pasta gigi di sikat gigi yang sudah tak terpakai dan sikat permukaan perhiasan dari perak, emas atau perhiasan dengan batu mulia. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut untuk menghilangkan sisa-sisa pasta gigi.

(utw/utw)