Jokowi Mantu

Tenda Merah Putih dari Relawan untuk Pernikahan Putra Jokowi

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 08/06/2015 12:21 WIB
Tenda Merah Putih dari Relawan untuk Pernikahan Putra Jokowi Tenda Merah Putih dibangun di samping gedung Graha Saba Buana, Solo, oleh relawan Jokowi untuk merayakan pernikahan anak Jokowi, Senin (8/6) (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Solo, CNN Indonesia -- Tenda merah putih mulai dibangun di samping gedung Graha Saba Buana, tempat lokasi pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, Solo, Senin (8/6) siang. Dengan penuh cekatan, puluhan pekerja memasang kain merah dan putih sepanjang atap tenda.

Tenda dengan lebar 15 meter dan panjang 90 meter ke arah Selatan tersebut dibangun atas kesadaran para relawan Jokowi semasa Pemilu Presiden lalu untuk ikut merasakan kebahagiaan mantenan sang Presiden pada Kamis (11/6) nanti.

"Relawan ini sebenarnya tidak diundang, tetapi semuanya berinisiatif karena ikut merasakan kebahagiaan atas pernikahan ini," kata Aji, salah satu koordinator Relawan Jokowi kepada CNN Indonesia.


Demi menampung sekitar 1200 relawan yang akan datang berduyun-duyun ke Graha Saba Buana, lahan parkir gedung yang berada di dalam komplek gedung pun segera dibangun rangka atap dan menghiaskan dinding lapuk rumah tetangga yang membatasi lahan parkir dengan kain berwarna khas bendera nasional.

Merah dan putih dipilih untuk melambangkan semangat kebangsaan atas pernikahan putra sang presiden. Para relawan rela mengeluarkan uang untuk membeli baru semua kain tersebut. Bukan hanya kain, tetapi semua pembangunan ini juga dikumpulkan dari kantong-kantong para relawan Jokowi.

"Semua dari guyub para relawan, tidak ada paksaan dan juga ketentuan jumlah dana, ya kalau sudah senang mau bagaimana lagi?" kata Aji.

Rencananya, para relawan yang menginap dan mengurus akomodasinya secara sendiri-sendiri itu akan diterima oleh Jokowi secara pribadi pada Rabu (10/6). Sejak saat itu, tenda tersebut akan diisi oleh berbagai kegiatan hiburan untuk para relawan.

"Nanti akan ada panggung hiburan dari para relawan, juga ada layar untuk menampilkan acara yang di dalam gedung,” kata Yoyok, rekan Aji.

Para relawan memang tidak akan bercampur dengan para undangan yang datang ke gedung Graha Saba Buana. Mereka akan membuat acara sendiri namun tetap dengan pasokan makanan dari pihak gedung.

Ribuan relawan tersebut akan tetap berada di Solo hingga acara pernikahan Gibran dan Selvi yang berakhir pada Kamis (11/6) malam. Baru setelah itu para relawan bersiap kembali ke daerah asalnya masing-masing.

Pernikahan Gibran dan Selvi bukan hanya menjadi perhatian dari para relawan Jokowi, namun juga bagi penduduk Solo. Gibran dan Selvi yang akan melangsungkan akad nikah pada Kamis (11/6) pagi tersebut akan menerima warga Solo yang datang pada momen resepsi siang.

Sampai detik ini, belum ada keterangan apapun mengenai estimasi jumlah kedatangan baik tamu undangan maupun dari warga Solo dalam acara Royal Wedding yang dikonsep menganut pakem Jawa Solo secara sederhana ini.

Sejauh pengamatan CNN Indonesia, gedung Graha Saba Buana mulai disterilkan oleh tim Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) dibantu oleh Polisi Militer dan TNI serta Polres Surakarta. Barang-barang persiapan pernikahan seperti meja, kursi, panggung pelaminan pun juga sedang dalam persiapan.

Rencananya, mulai malam ini Jokowi akan berada di Solo hingga tiga hari ke depan. Prosesi menjelang pernikahan Gibran dan Selvi sendiri juga akan dimulai pada esok (9/6) pagi berupa nembung, atau lamaran.



(mer/mer)