Es Barley, Minuman Buka Puasa yang Nikmat dan Sehat

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2015 15:49 WIB
Untuk sajian lain bagi seluruh keluarga, Anda bisa menghidangkan minuman barley. Dalam bahasa Indonesia, barley dikenal sebagai beras jali. Ilustrasi (Getty Images/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Minuman segar untuk berbuka puasa bukan hanya terbatas pada es buah, es kelapa muda ataupun es blewah saja. Jika ingin minuman segar lainnya Anda juga bisa berkreasi untuk membuat sajian minuman berbuka puasa yang segar.

Untuk sajian lain bagi seluruh keluarga, Anda bisa menghidangkan minuman barley. Dalam bahasa Indonesia, barley dikenal sebagai beras jali.

Barley merupakan salah satu jenis biji-bijian yang masih termasuk dalam keluarga gandum. Barley termasuk salah satu jenis makanan yang sehat karena rendah kalori, mengandung banyak vitamin, nutrisi dan juga serat.


Konsumsi barley secara teratur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah untuk membantu menurunkan berat badan, menstabilkan tekanan darah, mengurangi gejala arthritis, mencegah osteoporosis, sampai menjaga gigi agar tetap sehat.

Selain itu, konsumsi biji-biji putih kecil ini juga bisa mengenyangkan perut. Ini juga bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin diet tapi tetap bisa makan dan minum dengan enak.

Yang lebih enaknya, minuman ini bisa Anda kreasikan sendiri di rumah. Ivan Wongso dalam bukunya My Delicious Life Stories memberi sontekan resepnya untuk Anda coba di rumah.

Bahan:

100 gram beras jali (barley)
80 gram manisan buah kundur
2 liter air minum
4 sdm gula pasir

Cara membuat:

1. Rebus 1,5 liter air dalam resep hingga mendidih.
2. Masukkan beras jali (barley) dan manisan buah kundur. Tutup panci dan rebus menggunakan api kecil selama satu jam. Aduk tiap 15 menit.
2. Setelah satu jam, matikan api dan masukkan gula pasir. Diamkan selama satu jam. Kemudian tambahkan 500 ml air minum dan dinginkan.
3. Jika ingin disajikan dingin, tambahkan es batu ke dalamnya.

(chs/mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK