Resep Mudah Membuat Cheesecake Kurma untuk Lebaran

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2015 10:43 WIB
Kue modern seperti cheesecake mungkin tak identik dengan Ramadan atau Lebaran. Namun, Anda bisa mengkreasikannya dengan membuat cheesecake rasa kurma. Ilustrasi (Thinkstock/Lesyy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kue modern seperti cheesecake mungkin tak identik dengan Ramadan atau Lebaran. Hal ini menjadi satu tantangan bagi koki dari Gran Melia Hotel, Aa Koswara, untuk membuat kreasi berupa cheesecake dengan rasa kurma.

"Untuk Ramadan, kreasi cheesecake dengan rasa kurma bisa menjadi pilihan unik karena cheesecake sendiri sebenarnya mudah dibuat dan cocok dicampur dengan banyak rasa," ujar Koswara kepada CNN Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Koswara, cara pembuatannya pun tak sulit. Semua dapat dilakukan di dapur rumah.


"Yang paling penting, cheesecake itu tahan lama sehingga bisa disimpan selama perjalanan untuk bersilaturahmi," ucap Koswara.

Koswara pun menjabarkan cara pembuatan dan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat cheesecake kurma.

Bahan:

250 gr cream cheese
100 gr kurma
90 gr gula bubuk
40 gr kuning telur
400 gr krim cair

Cara membuat:

1. Campurkan keju krim, gula bubuk, dan kuning telur hingga merata.

2. Tambahkan krim, kemudian aduk lagi hingga merata.

3. Rebus kurma selama sekitar 30 menit dan blender hingga menjadi selai. "Merebus kurma tidak usah terlalu lama dan banyaknya sebenarnya tergantung selera," kata Koswara.

4. Campurkan selai kurma dengan adonan.

5. Tuang adonan ke loyang dan bakar dengan suhu 60-70 derajat Celsius selama 60 menit.

"Pembakaran ini paling sulit. Jangan terlalu panas dan dalam waktu singkat. Nanti bagian luar akan keras, tapi bagian dalam masih cair. Itu seni membuat cheesecake," tutur Koswara.

(mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK