Trik Jitu Pilih Baju 'Penting' untuk Dibawa Mudik

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2015 13:46 WIB
Trik Jitu Pilih Baju 'Penting' untuk Dibawa Mudik ilustrasi (Thinkstock/Jupiterimages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat akan berkemas untuk mudik, Anda pastinya seringkali bingung memutuskan pakaian mana yang harus dibawa.

Saat memilih pakaian, rasanya semuanya ingin ikut dibawa serta masuk dalam koper. "Baju yang ini buat silahturahmi, yang ini buat jalan-jalan dan yang ini buat cadangan saja," begitu mungkin pikir Anda.

Tapi sadarilah, pikiran seperti ini seringkali justru membuat bawaan Anda jadi membengkak. Baju yang sebenarnya tak pelu dibawa seketika jadi penting untuk dibawa. Padahal ujung-ujungnya, baju ini tak akan dipakai.

Mengutip Real Simple, berikut cara praktis untuk membantu Anda mengambil keputusan baju mana yang harus dibawa.

1. Tentukan mana yang akan dibawa
Pilih mana pakaian yang penting untuk dibawa, dan mana yang tak penting dibawa. Saat semuanya terasa penting untuk dibawa, maka ikuti formula sederhana ini.

Anda bisa mengemas tiga buah baju atasan untuk setiap bawahan yang dibawa. Biasanya, celana dan rok mengambil ruang lebih banyak dari kemeja. Selain itu, tak ada masalah juga ketika Anda memakai bawahan yang sama berulang-ulang.

Liburan selama seminggu seharusnya tak membutuhkan baju lebih dari enam baju atasan, sepasang celana, satu celana pendek, satu gaun dan tiga bra.

"Pilih pakaian yang paling membuat Anda percaya diri dan nyaman. Ini akan mencegah Anda membawa pakaian alternatif," kata Lesley Grosvenor, pendiri Clothes Up Style.

2. Pilih pakaian berdasar skema warna
"Mulailah dengan dua pakaian berwarna netral, kemudian tambahkan 2-3 warna serasi yang cerah," saran Alan Krantzler, senior vice president dari label Tumi.

Pilih pakaian dengan warna gelap untuk menyembunyikan noda yang mungkin terjadi. Untuk perjalanan yang lebih menyenangkan, Anda bisa memilih busana dengan warna putih, navy, merah, atau kuning.

"Atau pilihlah baju yang sesuai dengan warna sepatu," kata Judith Gilford, penulis The Packing Book. Anda hanya perlu tiga pasang sepatu, baik flat, sandal, heels atau wedges.

3. Pilih pakaian yang tipis
Tak semua pakaian yang memiliki bahan berat dan banyak detail itu berharga untuk dibawa. Pikir kembali untuk meninggalkan pakaian berat, detail banyak dan banyak layer di rumah. Sebaliknya, pilih pakaian yang tipis, celana rayon atau spandex yang ringan. Ini semua demi menghemat ruang dalam tas atau koper.

4. Jangan lupa bawa aksesori
Anda bisa memuaskan hasrat eksperimen dan tampil gaya dengan berbagai aksesori. Bawalah beberapa ikat pinggang, perhiasan, syal dan lainnya.

"Gelang warna-warni dan kalung menarik akan membuat perhatian orang teralihkan dari baju yang sudah dipakai berulang kali," kata Alanna Richman, pemilik Alanna Bess Jewelry.