Peneliti Temukan Cara Agar Bayi Belajar Bahasa dengan Cepat

Windratie, CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2015 12:15 WIB
Peneliti Temukan Cara Agar Bayi Belajar Bahasa dengan Cepat Ilustrasi bayi. (thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil pemindaian otak menunjukkan, melatih bayi untuk membedakan suara bahasa dari suara-suara yang lain dapat mempercepat pertumbuhan bagian otak yang berperan dalam kemampuan bahasa.

Para peneliti mengajarkan bayi berusia empat bulan untuk memerhatikan pola audio non-bahasa yang semakin kompleks. Pemindaian otak pada bayi berusia tujuh bulan menunjukkan jika mereka lebih cepat dan lebih akurat dalam mendeteksi suara bahasa daripada bayi-bayi yang tidak terkena pola suara.

Temuan tersebut secara rinci dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience. “Bayi-bayi muda terus-menerus memindai lingkungan mereka untuk mengidentifikasi suara yang mungkin adalah bahasa,” kata April Benasich yang memimpin Laboratorium Penelitian Anak di Rutgers.


“Ini adalah salah satu kunci dari pekerjaan mereka. Ketika bayi berusia empat sampai tujuh bulan mereka menyiapkan peta akustik pra-linguistik mereka. Kami secara halus memandu otak bayi untuk fokus pada masukan sensorik yang paling berarti bagi pembentukan peta tersebut.”

Peta akustik merupakan kolam dari sel-sel otak yang saling berhubungan. Otak bayi membangun peta tersebut agar dapat memecahkan kode bahasa kedua dengan cepat, juga lebih akurat dalam memproses bahasa, proses ini sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi kognitif.

Benasich mengatakan, bayi pada usia tertentu ini ideal untuk jenis pelatihan tersebut. “Jika Anda membentuk sesuatu ketika bayi sedang membangunnya, hal itu memungkinkan bayi membangun jaringan pendengaran terbaik untuk bagian otak tertentu. Proses ini memberikan dasar kuat untuk setiap bahasa yang akan dipelajari bayi.”

Benasich mengatakan, dia mampu mempercepat dan mengoptimalkan pembangunan peta akustik bayi. Caranya, menghadiahi bayi dengan video berwarna-warni singkat ketika mereka bisa menanggapi perubahan berbagai pola suara yang cepat. Perubahan bisa hanya sekitar puluhan milidetik, dan semakin kompleks ketika latihan meningkat.

(win/utw)


ARTIKEL TERKAIT