Turun 5 Kilogram Cukup Untuk Ubah Penampilan

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 10:26 WIB
Turun 5 Kilogram Cukup Untuk Ubah Penampilan Ilustrasi timbangan. (Thinkstock/Rostislav_Sedlacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stigma kecantikan yang beredar di masyarakat masih mengagungkan tubuh langsing semampai dengan perut rata dan berotot. Tak heran, banyak orang melakukan diet ketat demi mendapatkan penampilan ideal.

Padahal sebuah studi yang dilakukan University of Toronto menyebutkan bahwa seseorang hanya butuh menurunkan berat badan sebesar 5 kg untuk terlihat menarik.

Mengutip laman Daily Mail, para peneliti University of Toronto melakukan survei terhadap sekelompok orang yang diminta melakukan diet serta olahraga, dan meminta sekelompok orang lainnya untuk memberikan penilaian tentang perubahan penampilan mereka.


Hasilnya, penampilan seseorang terlihat berbeda saat berat badan mereka turun sebanyak 5 kg. Penampilan itu terutama terlihat dari wajah yang jadi lebih tirus.

Tapi, peneliti menemukan penampilan kelompok pediet akan terlihat semakin menarik saat berat badan mereka turun hingga 10 kg. Penurunan berat badan tersebut sangat berpengaruh pada garis wajah serta tulang selangka yang terlihat lebih menonjol.

Adapun garis pinggang dan pinggul hanya akan berkurang sedikit dalam penurunan tersebut dan tidak terlalu kentara.

“Pria dan wanita dalam studi akan merasa jauh lebih sehat setelah menurunkan berat badan, tapi mereka terlihat jauh lebih menarik ketika orang lain memuji penampilan mereka yang berubah,” kata Dr Nicholas Rule dari Department of Psychology University of Toronto. (les)