Delapan Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Tidur

Silvia Galikano, CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2016 22:30 WIB
Delapan Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Tidur Pizza. (CNNIndonesia Pixabay/TesaPhotography)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau ingin ngemil sebelum tidur, jangan asal comot makanan atau minuman yang pertama terlintas di kepala atau yang terdengar enak.

Beberapa makanan, seperti keripik berkarbohidrat ringan atau sebutir apel, memang dapat membantu tidur. Namun demikian lebih banyak yang merusak kualitas tidur, menyebabkan mimpi buruk, menyiksa perut, insomnia, dan mengganggu tidur karena bolak-balik ke toilet.

Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur? Berikut uraian Kerri-Ann Jennings, M.S., R.D. seperti dilansir Food Network:


Pizza

Pertimbangkan lagi jika ingin memesan pizza pada tengah malam... apa pun alasannya. Topping kejunya bisa membuat Anda mimpi buruk. Menurut penelitian baru-baru ini, saus tomat berkadar asam tinggi dapat menyebabkan sakit perut. Anda akan bolak-balik ke toilet pada pukul 02.00 dini hari.

Ditambah lagi, pizza lebih dari sekadar cemilan menjelang tidur, karena menyantap makan malam kedua sama saja menambahkan kalori ekstra yang kemungkinan tak Anda perlukan.

Kopi

Memang ada orang yang minum espresso pada tengah malam dan setelah itu tetap bisa tidur nyenyak. Namun sebagian besar orang tak seberuntung itu. Jika kafein berimbas pada tidur, maka Anda hanya boleh minum kopi sampai enam jam sebelum tidur.

Sereal Manis

Terkadang ingin juga makan semangkuk sereal sebelum tidur. Sebaiknya yang dikonsumsi adalah yang jenis rendah gula dan tinggi serat, seperti oat.

Sereal manis diolah dengan cepat di dalam sistem pencernaan, sehingga kepingannya dalam gula darah dapat menyingkirkan hormon tidur. Makanan rendah serat juga berkaitan dengan tidur yang lebih ringan.

Yang terbaik adalah lupakan makanan maka Anda akan tidur nyenyak. Jika tidur tidak cukup, Anda cenderung mencari energi dengan makan lebih banyak, khususnya gula.

Makanan Pedas

Makanan pedas, selain merangsang selera, juga dapat mengganggu pencernaan (khususnya bermasalah jika Anda rentan sakit maag), yang dapat membuat sulit tidur, atau malah sama sekali tak bisa tidur.

Soda

Soda terlarang keras diminum sebelum tidur. Apalagi soda biasa, bukan soda diet, kandungan gulanya sangat banyak, sehingga jadi super-merangsang.  Gula juga dihubungkan dengan tidur yang tidak nyenyak.

Wine

Satu atau dua gelas wine awalnya memang membuat mengantuk, tapi sebenarnya alkohol dapat merusak pola tidur alami. Mengkonsumsi alkohol secara teratur (apalagi sebelum tidur) dapat memperburuk kualitas tidur. Artinya, Anda akan terbangun di tengah malam dan dini hari untuk buang air kecil.

Air Jeruk

Buah-buahan sitrus sangat asam, dan akan jadi masalah jika kandung kemih Anda sensitif. Makanlah buah yang bulat utuh, seperti apel. Karbohidratnya dapat membantu tidur, sementara seratnya membantu tubuh menyerap gula secara lebih perlahan.

Burger

Makanan berat berlemak seperti burger membuat pencernaan bekerja keras, yang dapat mengganggu jika Anda ingin tidur. Sebuah studi terbaru menemukan makan lemak jenuh terlalu banyak berhubungan dengan tidur ringan dan mudah terjaga. (sil)