Foto Kentang 'Kotor' Dihargai Rp20.8 Miliar

Lesthia Kertopati | CNN Indonesia
Rabu, 27 Jan 2016 15:30 WIB
Percayakah Anda bahwa foto kentang mentah yang belum dikupas, seperti yang kerap Anda jumpai di pasar, dihargai US$1,5 juta atau Rp20,8 juta. Ilustrasi kentang. (Pixabay/Maddox74)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kentang. Umumnya, kentang dikenal sebagai bahan makanan. Bisa diolah menjadi berbagai menu yang akrab di lidah, mulai dari mashed potato, potato wedges, french fries, bahkan keripik kentang.

Tapi, seorang fotografer, justru menjadikan kentang sebagai objek foto.

Berapakah harga foto kentang seharusnya? Jika membandingkan dengan harga kentang pada umumnya di pasar, seharusnya, foto kentang yang belum dimasak, harganya tidak jauh berbeda.

Tapi, Anda akan terkejut melihat foto kentang yang belum dikupas, dengan latar belakang hitam, berhasil terjual dengan harga US$1,5 juta atau setara Rp20,79 miliar.

Foto tersebut merupakan hasil kreasi fotografer terkenal Kevin Absoch. Dia memotret gambar kentang Irlandia yang baru saja dipanen, tanpa embel-embel lainnya. Kentang tersebut terlihat apa adanya, dengan tanah yang masih menempel di kulitnya.

Meskipun begitu, di ranah fotografi, hasil karya Absoch dianggap spektakuler. Dia hanya menggunakan pencahayaan tunggal dengan latar belakang hitam, membuat kentang tersebut terlihat nyaris magis.

Melansir Sunday Times yang dikutip Food Beast, Abosch tengah makan siang dengan seorang pengusaha, saat dia mengatakan ingin membeli foto kentang karya Abosch. Tidak berapa lama, fotografer tersohor itu menerima pembayaran sebesar US$1,5 juta, dan sang pengusaha memiliki satu dari tiga koleksi kentang milik Abosch.

Selain foto kentang berharga jutaan dolar itu, Abosch juga terkenal dengan beberapa foto selebriti kenamaan seperti Johnny Sepp, Dustin Hoffman dan Dennis Hopper. (les/les)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER