Alasan Sahabat di Kantor Adalah yang Terbaik

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2016 12:36 WIB
Setidaknya ada 10 alasan yang menyebabkan mengapa rekan kerja Anda dapat menjadi sahabat terbaik dalam hidup. Ilustrasi pertemanan di kantor. (Thinkstock/g-stockstudio)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apakah ada di antara Anda yang menemukan sahabat ketika berada di masa-masa bekerja? Bagi beberapa orang, sahabat terbaiknya adalah ketika bertemu saat usia bekerja.

Semula mungkin orang tersebut sama seperti rekan kerja lainnya, berkomunikasi karena berada di satu divisi yang sama, proyek yang sama, atau karena saling membutuhkan dalam hal pekerjaan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, beberapa rekan kerja akan terasa lebih dekat, bahkan dibandingkan dengan sahabat Anda sejak masa sekolah atau kuliah. Sahabat baru yang ditemukan saat bekerja ini bisa saja menjadi sahabat baik untuk seumur hidup.


Setidaknya ada 10 alasan yang menyebabkan mengapa rekan kerja dapat menjadi sahabat terbaik Anda seperti yang dilansir dari Metro.co.uk.

1. Banyak menghabiskan waktu bersama

Bersama-sama dalam satu kantor atau dalam pekerjaan yang sama setidaknya 40 jam dalam sepekan dan berbicara dengannya hampir setiap hari, bisa jadi merupakan waktu terbanyak yang Anda habiskan dengan orang lain dibandingkan dengan sahabat atau teman Anda terdahulu.

2. Canda

Apakah Anda tipe orang yang kerap bercanda dengan teman sekantor Anda? Canda dan olok-olok yang hampir terjadi di tengah kesibukan dan stres dapat menjadi hal yang mempererat hubungan antar personal.

3. Saling bantu

Kadang, bekerja bersama dalam sebuah tim menjadikan beberapa pihak saling membatu agar tercapainya tujuan yang diinginkan. Namun, walaupun saling membantu satu sama lain, tak terlupa bahwa kadang dapat saling bersaing untuk jadi yang terbaik.
Pertemanan di kantor dapat memiliki banyak fungsi, mulai sebagai rekan kerja hingga konselor dalam hidup. (Thinkstock/Christopher Robbins)
4. Saling berbagi cerita

Awalnya hanya sekedar makan malam bersama seperti pada umumnya, lalu kemudian berlanjut saling bercerita kondisi masing-masing atau bertukar pikiran. Tak heran, suasana seperti ini akan sangat mengakrabkan satu sama lain.

5. Konselor hubungan

Ketika berada dalam kondisi yang sangat tidak mengenakkan untuk bekerja seperti saat patah hati, teman di kantor mungkin ada yang menyadarinya. Dan tanpa sadar, Anda mencurahkan semua yang dirasa kepada sang sahabat di sela-sela bekerja dan ia memberikan solusi ataupun penenangan. Ini dapat memperkuat sebuah hubungan persahabatan.

6. Mereka tahu kondisi paling stres dari Anda

Tak ada yang lebih paham dibandingkan sahabat yang Anda temukan di kantor yang mengerti bagaimana berantakannya Anda saat bertarung dengan deadline. Meski kadang emosional menghadapi berbagai orang termasuk sahabat Anda sendiri, mereka masih akan menjadi sahabat Anda sesudah deadline itu pergi.

7. Paham kebiasaan masing-masing

Sahabat kantor Anda akan sangat memahami kebiasaan Anda mulai dari datang kantor di pagi hari, bahkan ia tahu apakah Anda mandi pagi atau tidak, hingga pulang kantor. Begitu pula dengan Anda, sangat memahami kebiasaan sahabat ketika bekerja, mulai dari musik yang ia suka, hingga tata letak barang di mejanya.

8. Tak ada batasan topik

Berbicara dengan sahabat di tempat Anda bekerja dapat berupa berbagai topik, mulai dari sekedar pembicaraan tentang pekerjaan, drama kehidupan kantor, kehidupan pribadi, hingga topik-topik yang tak mungkin Anda bahas dengan orang lain ataupun di media sosial.

9. Komunikasi di berbagai media

Anda dan sahabat di tempat bekerja pasti memiliki sebuah percakapan, atau grup, dalam media sosial seperti WhatsApp. Percakapan yang terjadi bisa nyaris setiap hari terjadi, tak ada hari tanpa pemberitahuan dari WhatsApp. Mulai dari sebelum ke kantor, kadang di kantr, bahkan hingga pulang dan sebelum tidur. Bahkan kadang Anda merasa WhatsApp Anda semakin lama semakin 'lemot' karenanya.

10. Mereka membuat kantor terasa seperti rumah

Dengan keberadaan sahabat di kantor ataupun di tempat Anda bekerja sehari-hari, bekerja menjadi kegiatan yang menyenangkan, setidaknya Anda tidak merasa melakukan kegiatan yang kelewat rutin hanya untuk bertahan hidup.

(les)