Valentine, Orang Indonesia 'Sibuk' Cari Jodoh

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Minggu, 14/02/2016 08:06 WIB
Valentine, Orang Indonesia 'Sibuk' Cari Jodoh Ilustrasi valentine. (Joe Raedle/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah survei yang dilakukan AsmaraKu.com menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia sangat bersemangat merayakan Valentine yang jatuh pada hari ini, Minggu, 14 Februari. Dalam keterangan tertulisnya, AsmaraKu.com juga menyebutkan kalau hampir 50 persen responden merayakan hari Valentine karena mereka sudah memiliki pasangan.

Sementara 11 persen responden mengatakan hanya mengikuti tren, 10 persen rutin merayakannya setiap tahun dan hanya 20 persen dari responden tidak merayakan hari Valentine.

Co-Founder AsmaraKu William Tunggaldjaja mengatakan sebanyak 70 persen responden pertama kali merayakan hari Valentine di masa sekolah, bangku SMP dan SMU. Tradisi itu terus dijalankan hingga memiliki pasangan bahkan menikah dan punya anak.


"Banyak yang menjadikan hari Valentine sebagai momen untuk mengungkap rasa sayang mereka kepada pasangan. Ditambah lagi tahun ini 14 Februari jatuh pada hari Minggu sehingga lebih banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama pasangan," ujar dia.

Survei terbaru AsmaraKu tersebut melibatkan 500 konsumen AsmaraKu di seluruh Indonesia yang ditanyai mengenai apa yang mereka lakukan pada hari Valentine.

Hasilnya, 60 persen dari mereka sudah merencanakan makan malam romantis bersama pasangan, 25 persen sudah berencana membeli coklat dan bunga, serta sisanya memilih untuk jalan-jalan ke luar kota.

William menambahkan bahwa orang Indonesia juga cukup royal mengeluarkan uang untuk hari Valentine, meski mayoritas (45 persen) hanya menyiapkan dana Rp100.000 hingga Rp300.000, 43 persen menyiapkan di atas Rp300.000 hingga lebih dari Rp600.000 khusus untuk perayaan kasih sayang ini.

Sementara bagi mereka yang belum memiliki pasangan, hari kasih sayang kali ini tak bedanya dengan hari libur akhir pekan, 50 persen memilih berkumpul bersama teman, 30 persen memilih berdiam di rumah, 10 persen jalan-jalan sendirian dan hanya 10 persen mejadikan momen Valentine untuk mencari jodoh.

(ANTARA/les)