logo CNN Indonesia

Laporan dari London

Warga London Lirik Poco-Poco di Indonesian Weekend

, CNN Indonesia
Warga London Lirik Poco-Poco di Indonesian Weekend
London, CNN Indonesia -- Pameran kebudayaan dan kesenian Indonesian Weekend yang berlangsung di Potters Field Park, London, mulai hari ini hingga besok resmi dimulai. Acara perdana yang digelar oleh Komunitas Bangga Indonesia ini dibuka dengan penampilan senam Poco Poco yang dipersembahkan oleh Federasi Olahraga Kebudayaan Indonesia (FOKBI).

Aransemen musik dan gerakan tarian yang ringan agaknya berhasil mengusir udara pagi dingin yang menyergap taman di sebelah Sungai Thames Sabtu pagi (waktu setempat) ini.

FOKBI menyuguhkan beberapa versi tarian yang lagunya dibawakan ulang oleh penyanyi lawas Yoppie Latul. Mulai dari Poco Poco ala dangdut hingga house music mengiringi gerakan para peserta Indonesian Weekend.

Ratusan warga London yang memadati taman untuk berolahraga atau hanya sekedar melintas terlihat langsung tersenyum saat melihat tarian Poco Poco ditampilkan di atas panggung.

Chris, salah satu warga London, yang datang bersama keluarganya, terlihat tertarik untuk mengikuti instruksi dari penari di atas panggung.

"Saya sangat suka gerakan mencangkul," katanya sambil tertawa."Sepertinya saya harus sering melakukan itu untuk melatih punggung saya yang terkadang pegal-pegal,” ujar Chris.

Ketika ditemui seusai tampil di atas panggung Indonesian Weekend, Ketua FOKBI, Lily Karmel, mengaku sangat senang dengan apresiasi warga London akan tarian sekaligus senam yang sudah digagasnya sejak 2000 ini.

"Selain kesehatan, di dalam senam ini juga ada unsur kebudayaan sekaligus kegembiraan, sehingga ketika mengikuti gerakannya, tubuh akan sehat lahir batin," kata Lily kepada CNNIndonesia.com.

"Tadi setelah tampil, ada salah satu warga London yang menemui saya dan mengatakan akan mencoba melakukan senam di rumah. Langsung saja saya berikan dia DVD senam Poco Poco," lanjutnya.

Setelah Poco Poco, panggung Indonesia Weekends langsung dihajar oleh aksi pencak silat oleh Cecep Arief Rahman. Pesilat yang membintangi film The Raid dan Star Wars: The Force Awakens ini menampilkan jurus-jurus silat sambil diiringi musik instrumen khas Jawa Barat.

Sama seperti Poco Poco, garangnya aksi silat Cecep juga membuat pengunjung taman yang berada di sebelah kantor Wali Kota London ini memberi tepuk tangan yang meriah.

"Saya sangat senang telah diundang tampil di Indonesian Weekend. Saya berharap, aksi pencak silat dapat menjadi salah satu faktor penarik warga London untuk berwisata ke Indonesia," ujar Cecep.

Dalam pembukaannya, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Rizal Sukma, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia mendukung penuh penyelenggaraan Indonesian Weekend.

Dia menilai, dukungan untuk kemajuan wisata dan budaya Indonesia juga harus diberikan oleh penduduk Indonesia yang tersebar di berbagai belahan dunia.

"Di luar acara ini, seluruh penduduk Indonesia juga wajib membantu menyebarkan promosi positif, kalau negara kita layak dikunjungi dengan segala kekayaannya," kata Rizal.

Hari pertama Indonesian Weekend baru berjalan setengah hari. Dijadwalkan, pameran ini akan berlangsung dari pukul 10.00 hingga 22.00, dan dilanjutkan lagi pada Minggu pagi.

Selain penampian tarian Poco Poco, aksi pencak silat dan musik. Pameran Indonesian Weekend juga dimeriahkan dengan berbagai kios yang menawarkan kuliner dan kreasi unik khas Nusantara.




0 Komentar
Terpopuler
CNN Video