Buku Kuliner Gorontalo Dapat Penghargaan Internasional

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Rabu, 01/06/2016 11:10 WIB
Buku Kuliner Gorontalo Dapat Penghargaan Internasional Buku Trailing the Taste of Gorontalo dapat penghargaan internasional. (Dok. Omar Niode Foundation
Jakarta, CNN Indonesia -- Buku ‘Trailing the Taste of Gorontalo’ yang diterbitkan oleh Omar Niode Foundation, meraih penghargaan Best in the World dalam Gourmand World Cookbook Award 2016 untuk kategori Asian Cuisine from Asian Books.

Amanda Katili Niode, Ketua Omar Niode Foundation yang juga merupakan Ambassador dari World Food Travel Association di Indonesia, mengatakan hal tersebut jadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indoensia.

“Dengan penghargaan ini wisata kuliner Gorontalo dihargai di tingkat dunia. Gorontalo adalah daerah yang memiliki pemandangan alam yang permai dengan ragam kuliner yang segar dan legit, namun belum menjadi destinasi wisata kuliner yang populer," kata Amanda, belum lama ini.


‘Trailing the Taste of Gorontalo’ adalah sebuah buku kecil berbahasa Inggris yang berisi kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner di Provinsi Gorontalo.

Bermula dari catatan pengalaman 16 orang yang mengikuti perjalanan Kelana Rasa Gorontalo yang dipandu Arie Parikesit, buku ini berkembang dengan tambahan tulisan dari mereka yang bermukim di Provinsi Gorontalo.

Dalam buku tersebut, terdapat 24 tulisan, 57 foto, sembilan resep masakan, dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner, antara lain Chef William Wongso, Alessandra Khadijah Usman, Putri Indonesia Pariwisata 2010, serta Elena Aniere dari Slow Food International. Buku tersebut diharapkan bisa menjadi rujukan bagi mereka yang tergerak untuk berpetualang rasa di Gorontalo.

Beberapa kuliner khas yang dibahas dalam buku itu antara lain jagung lokal Milu Pulo dan kopi Pinogu kegemaran Ratu Belanda Wilhelmina. Ada juga tulisan dari Direktur Eksekutif World Food Travel Association Erik Wolf.

Panitia penyelenggaa Gourmand World Cookbook Awards 2016 mengatakan ada 209 negara bersaing dalam 92 kategori yang meliputi buku masak dan budaya pangan, serta 29 kategori untuk wine dan minuman.

Sebelumnya buku Trailing the Taste of Gorontalo menjadi finalis di kategori Asian Cuisine from Asian Books, bersaing dengan buku-buku dari Iran, Malaysia, Maladewa, Singapura dan Thailand. Buku ini juga menjadi finalis pada kategori Best Charity and Fund Raising Cookbook in Asia bersama buku-buku dari Kamboja, Lebanon, Malaysia, dan Singapura. (les)