Enam Maskapai Amerika yang Sering Hilangkan Bagasi

Megiza, CNN Indonesia | Senin, 06/06/2016 14:20 WIB
Enam Maskapai Amerika yang Sering Hilangkan Bagasi Ilustrasi. (Reuters/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah perjalanan wisata telah Anda siapkan selama berminggu-minggu. Biasanya mengepak pakaian dan perlengkapan yang akan dibawa pun tak cukup dilakukan hanya sekali.

Ketika Anda merasa telah berhasil mengemas dengan lebih ringkas, ternyata petugas bandara menilai Anda harus dikenakan biaya ekstra karena kelebihan jatah tas yang dapat dibawa. Akhirnya, Anda pun kerap dikenakan biaya lebih.

Meski dikenal dengan negara maju, ternyata industri penerbangan Amerika Serikat tak begitu saja lolos dari catatan negatif. Seperti diberitakan FoxNews, beberapa maskapai AS ternyata seringkali dilaporkan menghilangkan koper penumpangnya.


Hal itu umumnya terjadi karena si penumpang yang tidak mau membayar karena membawa koper melebihi aturan. Perjalanan wisata pun kemudian menjadi tak menyenangkan karena si penumpang terpaksa mengeluarkan bujet lebih karena harus membeli pakaian di tempatnya berlibur.

Departemen Perhubungan Amerika Serikat yang mengurus aturan penerbangan baru-baru ini merilis keterangan mengenai enam maskapai yang tercatat memiliki banyak aduan kehilangan koper dari para penumpangnya.

1. Southwest
Southwest Airline disebut sebagai maskapai penerbangan terburuk untuk soal penanganan masalah kehilangan bagasi penumpang. Pada tahun 2014, maskapai ini tercatat telah menghilangkan sebanyak 329.599 bagasi penumpangnya, menurut Luggage Forward. Meski begitu, angka tersebut ternyata menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 439.323 koper.

2. American Airlines
Selain tak memberikan akses untuk membayar kuota bagasi saat penumpang melakukan check-in online, American Airlines juga dikenal sering menghilangkan bagasi. Menurut Luggage Forward, ada sebanyak 158.663 koper penumpang American Airlines yang hilang dalam tahun 2014. Sedangkan menurut Departemen Perhubungan, dalam tahun 2016 ini, American Airlines telah menghilangkan 34.029 bagasi penumpangnya.

3. Delta Airlines
Hingga Maret 2016 lalu, maskapai ini tercatat mempunyai 16.340 aduan kehilangan koper. Tahun lalu, Delta Airlines mengumpulkan 22.938 laporan hilang koper dari penumpangnya.

4. United Airlines
Berdasarkan laporan kehilangan yang dikirimkan oleh penumpangnya, United Airlines mempunyai 15.831 laporan koper hilang. Terhitung ada 2,58 koper yang hilang per 1000 penumpang.

5. Sky West Airlines
Menurut Departemen Perhubungan AS, hingga Maret 2016, Sky West Airlines telah salah menangani sebanyak 7905 koper penumpangnya. Sedangkan pada Maret tahun lalu, sebanyak 9950 koper tercatat hilang.

6. ExpressJet
Express Jet dikenal sebagai maskapai yang menangani penerbangan regional terbesar di dunia. Tapi di saat yang bersamaan, mereka juga disebut sebagai salah satu maskapai terburuk dalam penanganan bagasi penumpang. Hingga Maret 2016, ada 7713 bagasi yang dilaporkan hilang saat ditangani oleh Express Jet.

(meg/meg)